NITA, DEWI KUSNIATUN (2019) PENERAPAN METODE ROLE PLAYING DENGAN MEDIA AUDIOVISUAL DALAM PEMBELAJARAN MENULIS TEKS EKSPLANASI PADA PESERTA DIDIK KELAS XI SMK NEGERI 4 SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2019/2020. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.
DEWI KUSNIA.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
Abstract
Dewi Kusniatun Nita NPM 15410262. Penerapan metode role playing
dengan media Audiovisual dalam Pembelajaran Menulis Teks Eksplanasi Pada
Peserta Didik Kelas XI SMK N 4 S emarang Tahun Pelajaran 2019/2020. Skripsi.
Fakultas Pendidikan Bahasa dan Seni Universitas PGRI Semarang. Pembimbing I
Agus Wismanto, S.Pd., M.Pd. dan Pembimbing II Rawinda Fitrotul Mualafina,
S.S., M.A. Oktober 2019.
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pembelajaran yang kurang efektif dan
pembelajaran di dalam kurang menarik karena belum digunakannya suatu metode
dan media untuk tercapainya suatu pembelajaran. Khususnya keterampilan
menulis teks eksplanasi. Adanya kondisi tersebut perlu diupayakan penerapan
model, metode dan media pembelajaran yang seuai untuk meningkatkan
kemampuan keterampilan menulis teks eksplanasi pada peserta didik kelas XI
SMK N 4 Semarang, metode yang diterapkan adalah metode role playing dengan
media audiovisual.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana penerapan metode
role playing dengan media audiovisual dalam pembelajaran menulis teks
eksplanasi pada peserta didik kelas XI SMK N 4 Semarang tahun pelajaran
2019/2020?. Adapun tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan penerapan
metode role playing dengan media audiovisual pada pembelajaran menulis
eksplanasi pada peserta didik kelas XI SMK N 4 Senarang tahun pelajaran
2019/2020.
Penelitian ini menerapkan pendekatan penelitian kualitatif. Teknik
pengumpulan data pada penelitian ini adalah teknik tes dan nontes, yaitu
observasi, wawancara, angket, dan dokumentasi. Hasil yang sudah diperoleh
kemudian diolah dan dideskripsikan untuk mengetahui metode role playing
dengan media audiovisual yang diterapkan dalam pembelajaran teks eksplanasi.
Berdasarkan hasil penelitian metode role playing dengan media
audiovisual dapat diterapkan dalam pembelajaran menulis teks eksplanasi.
Metode ini dapat membuat peserta didik lebih aktiv dalam pembelajaran dan
mampu membuat teks eksplanasi dengan baik. Dalam menulis teks eskplanasi
peserta didik memperoleh nilai tertinggi, yaitu 95 dan nilai terendah, yaitu 70,
dengan jumlah nilai rata-rata 83. Saran yang dapat disampaikan adalah guru harus
memilih model pembelajaran yang sesuai dengan materi agar peserta didik lebih
aktif dalam pembelajaran, guru harus dapat membangun suasana belajar yang
menyenangkan dan menarik.
Kata kunci : penerapan, menulis teks eksplanasi, metode role playing
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Pendidikan Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 20 Nov 2024 04:15 |
Last Modified: | 20 Nov 2024 04:15 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/8252 |