ANALISIS KESALAHAN EJAAN PADA TEKS LAPORAN HASIL OBSERVASI PESERTA DIDIK KELAS X SMA NEGERI 1 WELAHAN JEPARA TAHUN PELAJARAN 2018/2019

DEVI, RAHMATIKA (2020) ANALISIS KESALAHAN EJAAN PADA TEKS LAPORAN HASIL OBSERVASI PESERTA DIDIK KELAS X SMA NEGERI 1 WELAHAN JEPARA TAHUN PELAJARAN 2018/2019. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.

[thumbnail of RAHMATIKA DEVI.pdf] Text
RAHMATIKA DEVI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (779kB)

Abstract

Rahmatika Devi. NPM 1541008. “Analisis Kesalahan Ejaan pada Teks
Laporan Hasil Observasi Peserta Didik Kelas X SMA Negeri 1 Welahan Jepara
Tahun Pelajaran 2018/2019” Skripsi. Fakultas Pendidikan Bahasa dan Seni
Universitas PGRI Semarang. Pembimbing I Eva Ardiana Indrariani, S.S., M.Hum.
dan Pembimbing II Icuk Prayogi, S.S., M.A.
Kata kunci: Kesalahan Ejaan, Teks Laporan Hasil Observasi Peserta Didik
Penelitian ini dilatarbelakangi masalah ejaan yang masih sering salah ketika
membuat sebuah tulisan. Hal ini terjadi karena waktu belajar menulis sangat
kurang untuk dipraktikan, terutama bagi peserta didik yang tidak terbiasa dengan
menulis. Selain itu, seorang guru lebih sering memperhatikan hasil tulisan peserta
didik daripada kemajuan dari pemerolehan kosakata yang dimiliki, sehingga
kaidah kebahasaan jarang dikuasai oleh para peserta didik dengan baik.
Rumusan masalah dari penelitian ini ialah bagaimanakah bentuk kesalahan
ejaan pada teks laporan hasil observasi peserta didik kelas X SMA Negeri 1
Welahan Kabupaten Jepara tahun pelajaran 2018/2019. Adapun tujuan penelitian
ini adalah untuk mendeskripsikan bentuk kesalahan ejaan pada teks laporan hasil
observasi peserta didik kelas X SMA Negeri 1 Welahan Kabupaten Jepara tahun
pelajaran 2018/2019.
Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Data dalam penelitian ini
berupa kata atau penulisan yang tidak sesuai dengan kaidah ejaan bahasa
Indonesia. Pengumpulan data menggunakan teknik simak dan catat melalui alat
bantu kartu data. Teknik analisis data yang digunakan yaitu teknik analisis
deskriptif. Teknik penyajian hasil analisis data dilakukan dengan cara teknik
informal, yaitu sebuah teknik perumusan dengan menggunakan kata-kata biasa.
Hasil identifikasi data kesalahan ejaan pada teks laporan hasil observasi
peserta didik kelas X SMA Negeri 1 Welahan Kabupaten Jepara tahun pelajaran
2018/2019 menunjukkan bahwa terdapat kesalahan ejaan meliputi: 1) kesalahan
penulisan huruf kapital, 2) kesalahan penulisan huruf miring, 3), kesalahan
penulisan kata 4) kesalahan penulisan tanda baca. Kesalahan yang paling dominan
pada teks laporan hasil observasi siswa kelas X SMA Negeri 1 Welahan tahun
ajaran 2018/2019 adalah kesalahan penulisan kata yang mencapai 36,72
.
Saran yang dapat penulis sampaikan ialah bagi seorang guru sebaiknya lebih
teliti lagi dalam memperhatikan penulisan peserta didik yang masih belum
sempurna, sehingga kesalahan yang ditimbulkan dalam ranah tulis dapat
dihilangkan atau diminimalkan. Selain itu, peserta didik sudah seharusnya peduli
dan cermat dengan penerapan kaidah bahasa Indonesia yang baik dan benar. Hal
ini bertujuannya agar perbendahaaran kata yang diperoleh semakin luas. Adapun
bagi calon peneliti baru, semoga karya tulis ini dapat bermanfaat dan dijadikan
bahan referensi bagi penelitian selanjutnya.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Pendidikan Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 20 Nov 2024 04:14
Last Modified: 20 Nov 2024 04:14
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/8250

Actions (login required)

View Item
View Item