Kristinah, - (2020) UPAYA GURU MEMOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK MELALUI DARING DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN NEGERI 6 SEMARANG. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.
Kristinah.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
Abstract
Kristinah “Upaya Guru Memotivasi Belajar Peserta Didik Melalui Daring
dalam Pembelajaran PPKn di Sekolah Menegah Kejuruan Negeri 6
Semarang”Program Studi Pendidkan Pancasila dan Kewarganegaraan, Fakultas
Pendidikan Ilmu Sosial dan Keolahragaan, Universitas PGRI Semarang, 2020.
Penelitian ini dilatar belakangi oleh Pendidikan di Indonesia saat ini sedang
mengalami tantangan baru karena adanya wabah Covid-19 yang menyebabkan
seluruh sistem pembelajaran di lembaga pendidikkan mengalihkan pembelajaran
melalui pembelajaran online atau dalam jaringan (daring) melalui peneltian
adanya kenyataan upaya guru memotivasi belajar peserta didik melalui daring
motivasi peserta didik belum sepenuhnya berhasil sehingga motivasi belajar
peserta didik hanya sedikit yang berpartisipasi dan aktif dalam pembelajaran.
tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi apakah upaya guru memotivasi
belajar peserta didik di SMK Negeri 6 Semarang berhasil meningkatkan motivasi
atau menurun selama pembelajaran daring.
Jenis penelitian ini adalah jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan
penelitian kualitatif.Sumber data penelitian adalah sumber data primer. Teknik
pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi dan wawancara. Uji
keabsahan data yang digunakan yaitu menggunakan triangulasi sumber.
Sedangkan teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data
dan penarikan kesimpulan.
Berdasarkan hasil data dokumentasi dan wawancara penelitian ini dapat
diketahui bahwa upaya guru memotivasi belajar peserta didik melalui daring
dalam pemebelajaran PPKn di SMK Negeri 6 Semarang yaitu yang pertama
memberikan kata-kata motivasi sebelum pembelajaran contohnya (pendidikan
adalah senjata paling mematikan di dunia, karena dengan pendidikan anda dapat
mengubah dunia). kedua memberikan angka sebagai simbol nilai kegitan
belajarnya, ketiga menciptkan persaingan dan kompetisi sebagai alat motivasi
untuk mendorong peserta didik, keempat memberikan hasil pekerjaan yaitu bisa
mendorong peserta didik untuk belajar lebih giat lagi, kelima memberikan pujian
dengan pujian yang tepat akan membangkitkan gairah belajar contohyna ( bagus
kamu memang pinter) keenam memberikan ulangan dengan adanya ulangan
peserta didik akan giat belajar jika mengetahui akan ada ulangan, oleh karena itu
memberikan ulangan ini juga merupakan bentuk memotivasi.
Kata Kunci : upaya guru,motivasi belajar peserta didik melalui daring
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial dan Keolahragaan > Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 20 Nov 2024 04:12 |
Last Modified: | 20 Nov 2024 04:12 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/8249 |