KURNIASARI, DEWI INDAH (2020) ANALISIS KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS DITINJAU DARI KEMAMPUAN MEMECAHKAN MASALAH SISWA KELAS IV SDN WARU MRANGGEN DEMAK. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.
DEWI INDAH KURNIASARI.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (8MB)
Abstract
DEWI INDAH KURNIASARI. NPM 15120458 “Analisis Kemampuan Penalaran
Matematis Ditinjau dari Kemampuan Memecahkan Masalah Siswa Kelas IV SDN
Waru Mranggen Demak”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas PGRI Semarang. 2020. Dosen Pembimbing
I Joko Sulianto, S.Pd., M.Pd, dan Dosen Pembimbing II Mira Azizah, S.Pd., M.Pd.
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya penalaran dalam suatu
proses pembelajaran. Kemampuan penalaran dalam pembelajaran matematika
berguna untuk mengukur seberapa jauh kemampuan siswa dalam memahami,
menentukan cara serta melakukan pemecahan masalah matematika yang beragam
bentuknya. Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah: (1) Implementasi
pembelajaran matematika di kelas IV SDN Waru Mranggen Demak (2) Klasifikasi
kemampuan penalaran matematis ditinjau dari kemampuan memecahkan masalah
pada siswa kelas IV SDN Waru Mranggen Demak. Tujuan penulisan skripsi ini
adalah: (1) Mendeskripsikan implementasi pembelajaran matematika dikelas IV
SDN Waru Mranggen Demak (2) Mendeskripsikan klasifikasi penalaran matematis
ditinjau dari kemampuan memecahkan masalah siswa kelas IV SDN Waru.
Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode kualitatif dengan
pendekatan deskriptif. Lokasi penelitian di SDN Waru Mranggen Demak.
Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi, kuesioner dan
dokumentasi serta untuk pengumpulan data kemampuan penalaran matematis siswa
menggunakan soal tes pemecahan masalah matematika dengan berbagai aspek
penalaran. Keabsahan data dilakukan dengan cara triangulasi teknik dan sumber.
Berdasarkan analisis data yang telah dilakukan, pembelajaran matematika
termasuk dalam kategori baik dengan persentase sebesar 65%, data klasifikasi
kemampuan penalaran matematis didapatkan persentase sebesar 35,3% pada aspek
penalaran berpikir logis, 39,3% pada aspek berpikir deduksi, 40,6% pada aspek
membuat alasan, 89,3% pada aspek memahami contoh negatif, 58,3% pada aspek
memahami pengertian, 54,2% pada aspek menentukan metode, 53,6% pada aspek
menarik kesimpulan, 45,3% pada aspek berpikir konsisten, 48% pada aspek
berpikir sisrematis, dan 55,6% pada aspek menentukan strategi. Secara keseluruhan
didapatkan hasil persentase sebesar 50,2% dengan kategori sedang.
Dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan pembelajaran matematika di SDN
Waru sudah berjalan dengan baik, namun dalam kemampuan penalaran siswa
ditinjau dari kemampuan memecahkan masalah dengan materi FPB dan KPK serta
penaksiran masih sangat rendah. Saran yang dapat diberikan dalam skripsi ini
adalah bagi guru diharapkan penelitian ini dapat dijadikan referensi untuk
mengetahui bagaimana kemampuan penalaran matematis siswa dan lebih
memperhatikan serta membimbing siswa untuk meningkatkan kemampuan
bernalar siswa.
Kata kunci: penalaran matematis, pemecahan masalah
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 20 Nov 2024 04:13 |
Last Modified: | 20 Nov 2024 04:13 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/8248 |