PENERAPAN MODEL EVALUASI CONTEXT, INPUT, PROCESS AND PRODUCT DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN

Dewana, Rahajeng Nastiti Surya (2020) PENERAPAN MODEL EVALUASI CONTEXT, INPUT, PROCESS AND PRODUCT DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.

[thumbnail of RAHAJENG NASTITI SURYA DEWANA.pdf] Text
RAHAJENG NASTITI SURYA DEWANA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Skripsi yang berjudul “Penerapan Model Evaluasi Context, Input, Process
and Product dalam Pembelajaran PPKn” dilatar belakangi oleh PPKn mata
pelajaran yang dapat mengembangkan peserta didik menjadi manusia yang
memiliki rasa kebangsaan dan cinta tanah air yang dapat dijiwai oleh Pancasila,
UUD Tahun 1945, Bhinneka Tunggal Ika dan NKRI, oleh karena itu
diperlukannya model evaluasi pembelajaran yang tepat untuk diterapkan salah
satunya model evaluasi CIPP. CIPP adalah model evaluasi terhadap Context,
Input, Process and Product dalam pembelajaran, mengapa perlu dilakukan
penelitian karena model ini merupakan umpan balik terhadap proses hasil
pembelajaran yang telah dilaksanakan dan akan menjadi tolok ukur untuk
memperbaiki dan meningkatkan proses pembelajaran selanjutnya. Rumusan
masalah penelitian ini adalah bagaimana penerapan model evaluasi CIPP dalam
pembelajaran PPKn di SMK Bina Nusantara Tahun Ajaran 2019/2020. Tujuannya
untuk untuk mendiskripsikan dan menganalisis penerapan model evaluasi CIPP
dalam pembelajaran PPKn di SMK Bina Nusantara Semarang Tahun Ajaran
2019/2020. Manfaat penelitian ini bagi guru PPKn adalah dapat menjadi bahan
pertimbangan dalam menentukan kebijakan model evaluasi pembelajaran.
Jenis ini deskriptif kualitatif, yaitu mendiskripsikan dan menganalisis
penerapan model evaluasi CIPP dalam pembelajaran PPKn. Penelitian
dilaksanakan di SMK Bina Nusantara Semarang dengan guru PPKn dan sampel
siswa sebagai subjek. Ruang lingkup penelitian ini adalah 1) KD yang dapat
dicapai melalui penerapan model evaluasi CIPP dalam pembelajaran PPKn, 2)
Langkah-langkah dalam menerapkan model evaluasi CIPP dalam pembelajaran
PPKn, 3) Kendala dalam menerapkan model evaluasi CIPP dalam pembelajaran
PPKn, 4) Solusi dalam menghadapi kendala dalam menerapkan model evaluasi
CIPP dalam pembelajaran PPKn. Teknik pengumpulan data yang digunakan
wawancara, observasi dan dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) KD yang dapat dicapai melalui
penerapan model evaluasi CIPP dalam pembelajaran PPKn adalah KD 3.2 kelas
X, 2) Langkah-langkah menerapkan model evaluasi CIPP dalam pembelajaran
PPKn dengan memfokusan evaluasi, mendesain evaluasi, mengumpulkan
informasi, menganalisis informasi dan melaporkan hasil evaluasi, 3) Kendala
dalam menerapkan model evaluasi CIPP dalam pembelajaran PPKn waktu
terbatas karena pembelajaran PPKn hanya 2 jam pelajaran, 4) Solusi yang
dilakukan adalah seharusnya guru dapat mengatur waktu kapan mengadakan
penilaian pengetahuan, sikap dan keterampilan.
Simpulan penerapan model evaluasi CIPP dalam pembelajaran PPKn di
SMK Bina Nusantara Semarang KD 3.2 kelas X dapat di mulai dari memfokusan ,
mendesain, mengumpulkan informasi, menganalisis informasi dan melaporkan
hasil evaluasi, kendala yang dihadapi dalam menerapkan model evaluasi CIPP
dalam pembelajaran PPKn waktu terbatas karena pembelajaran PPKn hanya 2 jam
vii
pelajaran, Solusi yang dilakukan adalah seharusnya guru dapat membagi waktu
kapan mengadakan penilaian pengetahuan, sikap dan keterampilan.
Kata kunci : model evaluasi CIPP, pembelajaran, PPKn

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial dan Keolahragaan > Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 20 Nov 2024 04:09
Last Modified: 20 Nov 2024 04:09
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/8246

Actions (login required)

View Item
View Item