AYUPUSPITASARI, RAGIL (2020) TINGKAT REGULASI BELAJAR SISWA SMK NEGERI 11 SEMARANG. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.
RAGIL AYUPUSPITASARI.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (8MB)
Abstract
Ragil Ayupuspitasari. Tingkat Regulasi Belajar SMK N 11 Semarang.
Skripsi. Program Studi Bimbingan dan Konseling. Fakultas Ilmu Pendidikan.
Universitas PGRI Semarang.
Penelitian ini dilatar belakangi masalah yang terdapat SMK N 11
Semarang yaitu kesulitan mengatur waktu belajar, sering menunda-nunda tugas
sekolah/pekerjaan rumah, malas dalam belajar, kesulitan dalam memahami
pelajaran dan kebiasaan mencontek waktu tes. Gambaran ini belum menunjukkan
adanya fenomena regulasi belajar pada siswa. Tujuan yang akan dicapai dalam
penelitian ini yaitu untuk mengetahui bagaimana tingkat regulasi belajar pada
siswa SMK N 11 Semarang
Dalam penelitian ini pengukuran yang dilakukan yaitu mengetahui tingkat
regulasi belajar, metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini
adalah skala psikologis. Sampel pada penelitian ini seluruh siswa kelas X Desain
Grafis SMK N 11 Semarang berjumlah 141 siswa. Instrumen dalam penelitian ini
menggunakan skala psikologis. Analisis yang digunakan untuk menguji validitas
instrument adalah korelasi antara butir dan skor yang dikerjakan dengan rumus
Product Moment dengan taraf signifikan 5% dengan responden 36 siswa,
sedangkan untuk menguji reliabilitas adalah rumus Alpha dari Cronbach.
Dalam mengukur regulasi belajar siswa kelas X Desain Grafis SMK N 11
Semarang meliputi tiga aspek yang di ukur yaitu pertama aspek metakognisi,
kedua aspek motivasi dan ketiga aspek perilaku. Dari hasil penelitian tentang
tingkat regulasi belajar siswa kelas X Desain Grafis SMK N 11 Semarang bahwa
tingkat regulasi belajar siswa menunjukkan hasil yang baik yaitu siswa yang berda
pada kategori tinggi dan sangat tinggi lebih banyak dengan prosentase 70%
dibanding siswa yang berada pada kategori rendah yaitu 30 %.
Artinya siswa kelas X Desain Grafis sudah mampu dalam mengatur
dirinya dalam belajar di sekolah baik dalam mengatur atau mengarahkan pikiran,
memotivasi dirinya dan juga mengatur perilaku sendiri di sekolah. Dari ketiga
aspek yang diukur, pada aspek motivasi yang paling tinggi dibandingkan dengan
kedua aspek yang lain seperti aspek metakognisi dan perilaku. Dalam memotivasi
dirinya sendiri untuk menetapkan tujuan belajar siswa sudah mampu
dibandingkan dengan mengarahkan dan mengatur kosentrasi belajar dan perilaku
diri sendiri di sekolah.
Saran bagi guru pembimbing yaitu Sebagai upaya pengembangan
keilmuan penelitian terkait dengan regulasi belajar khususnya dalam penelitian ini
yaitu gambaran tingkat regulasi belajar untuk melihat regulasi belajar yang
dimiliki siswa. Bagi siswa dengan gambaran tingkat regulasi belajar siswa yang
masih dikategori rendah untuk mencari alternatif belajar untuk meningkatkan
regulasi belajar.
Kata Kunci : Regulasi belajar
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 20 Nov 2024 04:06 |
Last Modified: | 20 Nov 2024 04:06 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/8243 |