ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA BERDASARKAN GAYA BELAJAR SISWA SMP

Koumaidah, - (2020) ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA BERDASARKAN GAYA BELAJAR SISWA SMP. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of Koumaidah.pdf] Text
Koumaidah.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Kemampuan pemecahan masalah yang dimiliki oleh setiap siswa itu berbeda-
beda. Perbedaan kemampuan pemecahan masalah pada siswa disebabkan oleh
beberapa faktor, salah satunya adalah gaya belajar siswa. Tujuan dalam penelitian
ini adalah untuk mengetahui tingkat kemampuan pemecahan masalah matematika
siswa berdasarkan tipe gaya belajar visual, auditorial dan kinestetik. Pengambilan
data pada penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 2 Weleri dan subjek pada
penelitian ini adalah siswa kelas VIII B tahun pelajaran 2019/2020. Subjek yang
diambil sebanyak 3 siswa berdasarkan masing-masing gaya belajar yang diplih
melalui pengisian angket gaya belajar. Penelitian ini merupakan penelitian
deskriptif kualitatif. Dengan pengambilan sampel menggunakan metode purposive
sampling Data dalam penelitian ini diperoleh melalui hasil angket, tes tertulis,
wawancara, dan dokumentasi. Tes tertulis yang digunakan dalam penelitian ini
berupa soal uraian dengan materi koordinat kartesius. Analisis data menggunakan
metode triangulasi metode, dengan Teknik tes dan wawancara. Berdasarkan
analisis data diperoleh hasil sebagai berikut, yaitu subjek dengan gaya belajar
visual dan auditorial mampu memecahkan masalah matematika dengan benar dan
tepat serta menggunakan empat tahapan Polya. Sedangkan pada subjek dengan
gaya belajar kinestetik mampu memecahkan masalah matematika mengggunakan
empat tahapan Polya namun hasil yang diperoleh kurang tepat. Sehingga
kesimpulan dari penelitian ini adalah siswa dengan masing-masing gaya belajar
mampu memecahkan masalah matematika dengan empat tahapan Polya namun
siswa dengan gaya belajar kinestetik hasil yang diperoleh kurang tepat.
Kata kunci: Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Polya, Gaya Belajar
VAK

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Pendidikan Matematika Ilmu Pengetahuan Alam dan Teknologi Informasi > Pendidikan Matematika
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 20 Nov 2024 04:06
Last Modified: 20 Nov 2024 04:06
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/8241

Actions (login required)

View Item
View Item