WULANDARI, DEWI AYU (2020) ANALISIS NILAI KARAKTER PADA EKSTRAKURIKULER SENI MUSIK DAN TARI DI SD NEGERI CANDI 01 SEMARANG. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.
DEWI AYU WULANDARI.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (4MB)
Abstract
DEWI AYU WULANDARI. NPM 16120269 “Analisis Nilai Karakter Pada
Ekstrakurikuler Seni Musik dan Tari di SD Negeri Candi 01 Semarang”. Skripsi
program studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Ilmu Pendidikan.
Universitas PGRI Semarang. Pembimbing I Bu Ervina Eka Subekti, S.Si., M.Pd.
Pembimbing II Pak M Yusuf Setia Wardana, S.Pd., M.Pd.
Latar belakang dalam penelitian ini adalah karena masih kurangnya
penanaman nilai karakter di usia anak. Dan masih banyak guru yang belum
mengetahui manfaat dari kegiatan pembelajaran seni musik dan tari dalam
membentuk karakter siswa.
Konteks Penelitian ini adalah (1) Tidak hanya membentuk siswa yang
cerdas melainkan siswa yang berkarakter. (2) Penanaman karakter melalui
ekstrakurikuler seni musik dan tari dengan segala aspek nilai karakter yang dapat
terlihat didalamnya.
Fokus Penelitian ini adalah 1) Nilai karakter apa saja yang ditanamkan
melalui ekstrakurikuler seni musik dan tari di SD Negeri Candi 01 Semarang. 2)
Bagaimana penanaman nilai karakter melalui ekstrakurikuler seni musik dan tari
di SD Negeri Candi 01 Semarang. Penelitian ini bertujuan. 1) Untuk mengetahui
nilai karakter apa saja yang ditanamkan melalui ekstrakurikuler seni musik dan
tari di SD Negeri Candi 01 Semarang. 2) Untuk mengetahui bagaimana
penanaman nilai karakter melalui ekstrakurikuler seni musik dan tari di SD Negeri
Candi 01 Semarang.
Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Sumber data dalam
penelitian ini berasal dari kepala sekolah, guru pelatih ekstrakurikuler seni musik
dan tari, guru kelas 4 dan 5, 2 siswa yang mengikuti ekstrakurikuler seni musik, 2
siswa yang mengikuti ekstrakurikuler seni tari, 2 orang tua siswa yang mengikuti
ekstrakurikuler seni musik dan tari. Penelitian ini menggunakan metode
pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi.
Hasil analisis dalam penelitian ini menunjuk bahwa pelaksanaan
kegiatan ekstrakurikuler seni musik dan tari dilaksanakan setiap hari kamis yang
dimulai pukul 13,00- 15.30 WIB. Siswa yang mengikuti ekstrakurikuler seni
musik berjumlah 21 siswa dan yang mengikuti ekstrakurikuler seni tari 23 siswa.
Sistem yang digunakan dalam ekstrakurikuler seni musik menggunakan alat
musik pianika, bagaimana cara memainkan, menghafal not, menyanyi lagu
Nasional dan Daerah, pendamping mengiringi lagu Nasional dan Daerah
menggunakan orgen. Sistem yang digunakan dalam ekstrakurikuler seni tari
melakukan tarian tradisional, menghafal gerakan tarian, guru pelatih membimbing
siswa menari dan memberikan contoh gerakan tarian pada siswa. Dari hasil
penelitian yang telah dilakukan terdapat karakter religius, toleransi, disiplin,
peduli sosial, dan tanggung jawab yang terlihat dalam kegiatan ekstrakurikuler
seni musik dan tari.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 20 Nov 2024 04:03 |
Last Modified: | 20 Nov 2024 04:03 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/8238 |