APLIKASI IT HELPDESK TICKETING SYSTEM BERBASIS WEB PADA BAGIAN DATA STATISTIK KRIMINAL DAN TEKNOLOGI INFORMASI KEJAKSAAN TINGGI JAWA TENGAH

OKTAVIYANI, RADITA CITRA (2020) APLIKASI IT HELPDESK TICKETING SYSTEM BERBASIS WEB PADA BAGIAN DATA STATISTIK KRIMINAL DAN TEKNOLOGI INFORMASI KEJAKSAAN TINGGI JAWA TENGAH. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.

[thumbnail of RADITA CITRA OKTAVIYANI.pdf] Text
RADITA CITRA OKTAVIYANI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Sistem informasi berbasis website di Indonesia semakin dirasakan
keberadaannya dalam menunjang kegiatan-kegiatan sehari hari, baik yang
bersifat ekonomis atau non-ekonomis. Pengolahan data secara konvensional
tidak bisa mengimbangi kebutuhan akan penyajian informasi yang cepat, tepat
dan akurat. Dalam melakukan aktivitas perkantoran, Kejaksaan Tinggi Jawa
Tengah menggunakan peralatan penunjang seperti komputer atau perangkat
keras lainnya untuk menunjang kinerja yang lebih cepat dan baik. Sering kali
dalam aktivitas perkantoran ditemukan masalah pada peralatan penunjang yang
ada di kantor dan harus segera di selesaikan agar tidak mengganggu pekerjaan.
Selama ini pelaporan masalah IT dilakukan secara manual,oleh karena itu
dibutuhkan sebuah dokumentasi keluhan dengan merancang aplikasi helpdesk
dengan ticketing system yang dapat memudahkan pegawai dalam melaporkan
keluhan. Aplikasi Helpdesk berbasis web ini dapat menjadi solusi untuk
pengolahan data serta dapat memberikan infomasi tentang manajemen
tiket/pelaporan masalah agar lebih efektif dan efisien.Selanjutnya pada tahapan
pengembangan sistem dengan model waterfall (Air Terjun). Untuk
mempermudah pengembangan sistem dibuat dengan UML (Unified Modeling
Language) yang meliputi Use Case Diagram, Activity Diagram, Class
Diagram, dan Sequence Diagram. Perangkat Lunak yang digunakan adalah
Sublime Text 3 sebagai editor, Xampp,PHP dan Mysql sebagai databasenya.
Dalam aplikasi ini terdapat 3 actor,yaitu Pegawai,admin dan teknisi,ketiga
actor dapat mengakses menu-menu diantaranya menu tambah data tiket,menu
konfirmasi tiket,menu laporan dan lainnya.Pengujian aplikasi terdiri dari black
box ,white box dan user acceptance,dari ketiga pengujian yang telah dilakukan
dapat hasil presentase pengujian black box sebesar 100% yang artinya aplikasi
ini layak atau berfungsi.
Kata Kunci : Helpdesk, Ticketing System,UML,Waterfall

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Teknik dan Informatika > Informatika
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 20 Nov 2024 04:01
Last Modified: 20 Nov 2024 04:01
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/8237

Actions (login required)

View Item
View Item