NURSIMAH, DEWI AYU PHITI (2020) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEAD TOGETHER BERBANTU MEDIA KARTU DOMINO TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IV SD NEGERI TAMBAKREJO 01 SEMARANG. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.
DEWI AYU PHITI NURSIMAH.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (4MB)
Abstract
DEWI AYU PHITI NURSIMAH. NPM 16120353. “Pengaruh model
pembelajaranNumbered Head Together berbantu media Kartu Domino terhadap
hasil belajar Matematika siswa kelas IV SD Negeri Tambakrejo 01 Semarang”.
Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan
Universitas PGRI Semarang. Pembimbing I Drs. Djoko Purnomo, MM.,
Pembimbing II Arief Budiman, S.S., M.Hum. 2020.
Penelitian ini berlatar belakang rendahnya hasil belajar siswa yang
disebabkan oleh beberapa permasalahan diantaranya, guru tidak menggunakan
variasi pembelajaran dalam proses pembelajaran, guru banyak menggunakan
metode ceramah, siswa kurang percaya diri di dalam kelas, dan daya ingat siswa
yang rendah. Hal ini tentu berpengaruh dengan nilai hasil belajar matematika
siswa kelas IV SD Negeri Tambakrejo 01.
Berdasarkan uraian latar belakang yang telah diuraikan diatas, maka
rumusan masalah pada penelitian ini adalah bagaimana pengaruh penerapan
model pembelajaran numbered head together berbantu media kartu domino
dengan materi menentukan luas dan keliling bangun datar kelas IV SD Negeri
Tambakrejo 01 Semarang?
Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Pre
experimental design dengan desain penelitian one group pretest postest. Berkaitan
dengan metode yang digunakan diharapkan dengan memberikan pretest dan
postest peniliti dapat mengetahui pegaruh dari penggunaan model pembelajaran
numbered head together berbantu media kartu domino. Dengan perlakuan model
ini maka peneliti mampu mendeteksi sejauhmana pengaruhnya apakah lebih baik
atau sama saja ketika sebelum dan sesudah diberikan perlakuan.
Hasil dari penelitian ini adalah dieroleh data nilai pretest postest yang
mana data tersebut dilakukan uji t untuk mengetahui apakah hasil penelitian ini
berhasil atau tidak. Data hasil uji t yang diperoleh adalah hasil uji t siswa kelas IV
SD Negeri Tambakrejo 01 Semarang diperoleh thitung = 17,8410 dan ttabel =
2,0484 dengan db = 28-1 pada taraf signifikan α = 0,05. maka, thitung> ttabel adalah
17,8410 >2,0484. Dengan demikian H0 ditolak dan Ha diterima dan adanya
peningkatan rata-rata hasil belajar siswa dari 51,07143 menjadi 79,28571.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah model pembelajaran Numbered
Head Together berbantu media kartu Domino ada pengaruh terhadap hasil belajar
matematika siswa.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 20 Nov 2024 04:00 |
Last Modified: | 20 Nov 2024 04:00 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/8236 |