EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR BOLA BASKET MELALUI MEDIA AUDIO VISUAL PADA SISWA KELAS XI IPS 1 SMA N 2 KENDAL

Aji, Rachma Bayu (2020) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR BOLA BASKET MELALUI MEDIA AUDIO VISUAL PADA SISWA KELAS XI IPS 1 SMA N 2 KENDAL. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.

[thumbnail of Rachma Bayu Aji.pdf] Text
Rachma Bayu Aji.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (810kB)

Abstract

Rachma Bayu Aji, Efektivitas Model Pembelajaran Problem Based
Learning Terhadap Hasil Belajar Bola Basket Melalui Audio Visual Pada Siswa
Kelas XI IPS 1 SMA N 2 Kendal.
Penelitian ini dilatar belakangi oleh hasil belajar bola basket siswa kelas
XI IPS 1 SMA N 2 Kendal dengan kategori kurang. Kategori cukup ada 7 siswa.
Kategori baik ada 9 siswa. Kategori sangat baik ada 2 siswa. Presentase
ketuntasan keseluruhan hanya ada 18 siswa yang mencapai KKM atau 50% siswa
yang mencapai KKM, sedangkan pembelajaran dapat dikatakan berhasil jika lebih
dari 75% siswa mencapai KKM yang telah ditentukan. Tujuan penelitian ini untuk
mengetahui efektivitas model pembelajaran problem based learning terhadap
hasil belajar bola basket melalui media audio visual pada siswa kelas X1 IPS 1
SMA N 2 Kendal.
Desain penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif, populasi
dan sampel sebanyak 36 siswa. Variabel penelitian ini adalah model pembelajaran
problem based learning, media pembelajaran audio visual, dan hasil belajar.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa bahwa model pembelajaran
Problem Based Learning (PBL) efektif terhadap hasil belajar bola basket melalui
media audio visual pada siswa kelas XI IPS 1 SMA N 2 Kendal. Hal tersebut
dibuktikan dengan melihat hasil uji independent sample t test, dimana dari uji
tersebut diperoleh nilai signifikansi 0,000 atau < 0,05, yang berarti ada perbedaan
antara hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran problem
based learning (PBL) dan dengan menggunakan model pembelajaran
konvensional, Kemudian berdasarkan hasil statistik deskriptif diketahui bahwa
nilai rata-rata hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran
problem based learning (PBL) adalah 83,89, sedangkan nilai rata-rata hasil
belajar siswa dengan model pembelajaran konvensional adalah 76,28. Perbedaan
nilai rata-rata hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran
problem based learning (PBL) dan hasil belajar siswa dengan menggunakan
pembelajaran model konvensional adalah sebesar 7,61. Hal tersebut menunjukkan
ada peningkatan hasil belajar bola basket melalui media audio visual pada siswa
kelas XI IPS 1 SMA N 2 Kendal.
Simpulan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) efektif
terhadap hasil belajar bola basket melalui media audio visual dan saran dalam
penelitian ini kepada peserta didik diharapkan untuk bersungguh-sungguh dalam
proses belajar sehingga dapat meningkatkan hasil belajar. Kemudian pada saat
proses belajar peserta didik diharapkan dapat lebih aktif dalam kegiatan
pembelajaran
Kata Kunci : Problem Based Learning, Media Audio Visual, Hasil Belajar.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial dan Keolahragaan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 20 Nov 2024 03:58
Last Modified: 20 Nov 2024 03:58
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/8235

Actions (login required)

View Item
View Item