PENGARUH MOTIVASI BELAJAR, PERHATIAN ORANG TUA, DAN DISIPLIN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK DI SMA N 1 KALIWUNGU KENDAL

Hariyati, Dewi Ayu (2020) PENGARUH MOTIVASI BELAJAR, PERHATIAN ORANG TUA, DAN DISIPLIN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK DI SMA N 1 KALIWUNGU KENDAL. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of Dewi Ayu Hariyati.pdf] Text
Dewi Ayu Hariyati.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Dewi Ayu Hariyati, “Pengaruh Motivasi Belajar, Perhatian Orang Tua,
Dan Disiplin Belajar Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Di Sma N 1
Kaliwungu Kendal”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Ekonomi Fakultas Ilmu
Pendidikan Sosial dan Keolahragaan Universitas PGRI Semarang, 2020.
Penelitian ini dilatar belakangi oleh hasil observasi awal di SMA N 1 Kaliwungu
Kendal yang menyatakan bahwa rendahnya hasil belajar peserta didik kelas XI
IPS yang berjumlah lima kelas.
Tujuan penelitian ini yaitu mengetahui pengaruh motivasi belajar,
perhatian orang tua, dan disiplin belajar terhadap hasil belajar peserta didik di
SMA N 1 Kaliwungu Kendal. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitaif.
Subyek penelitian yaitu peserta didik di SMA N 1 Kaliwungu. Instrumen
pengumpulan data menggunakan kuesioner. Sampel dalam penelitian ini
berjumlah 123 responden didistribusikan secara langsung menggunakan teknik
proportionate random sampling, kemudian diolah dengan menggunakan SPSS.
Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) motivasi belajar berpengaruh
Positif terhadap hasil belajar peserta didik di SMA N 1 Kaliwungu, 2) perhatian
orang tua berpengaruh positif terhadap hasil belajar peserta didik di SMA N 1
Kaliwungu, 3) disiplin belajar berpengaruh positif terhadap hasil belajar peserta
didik di SMA N 1 Kaliwungu, 4) motivasi belajar, perhatian orang tua, dan
disiplin belajar berpengaruh positif terhadap hasil belajar peserta didik di SMA N
1 Kaliwungu. Hasil menunjukkan bahwa variabel motivasi belajar (X1) sebesar
0,824, variabel perhatian orang tua (X2) sebesar 0,507, dan variabel disiplin
belajar (X3) sebesar 0,362 berpengaruh positif terhadap hasil belajar peserta didik
di SMA N 1 Kaliwungu.
Pada koefisien determinasi diperoleh nilai R2 0,450 sehingga dapat
disimpulkan bahwa variabel motivasi belajar (X1), perhatian orang tua (X2), dan
disiplin belajar (X3) mempengaruhi hasil belajar (Y) sebesar 45% dan sisanya
55% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.
Kata Kunci : Motivasi Belajar, Perhatian Orang Tua, Disiplin Belajar, dan
Hasil Belajar.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial dan Keolahragaan > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 20 Nov 2024 03:57
Last Modified: 20 Nov 2024 03:57
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/8234

Actions (login required)

View Item
View Item