PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA POP-UP TERHADAP KEMAMPUAN KONSEP BILANGAN PADA ANAK USIA 4-5 TAHUN DI TK MARDIPUTRA KENDAL

AMRINA, QUSNUL (2020) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA POP-UP TERHADAP KEMAMPUAN KONSEP BILANGAN PADA ANAK USIA 4-5 TAHUN DI TK MARDIPUTRA KENDAL. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.

[thumbnail of QUSNUL AMRINA.pdf] Text
QUSNUL AMRINA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Qusnul Amrina. NPM 15150032. “Pengaruh penggunaan Media Pop-Up
terhadap kemampuan konsep bilangan pada anak usia 4-5 tahun di Tk Mardiputra
Kendal”. Skripsi. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas PGRI Semarang. Dwi
PrasetyawatiD.H.S.Pd.,M.Pd, Mila Karmila S.Pd.,M.Pd.
Penelitian ini dilatarbelakangi adanya pentingnya kemampuan konsep
bilangan di TK Mardiputra Kendal khususnya pada Usia 4-5 tahun, masih
rendah. Pada observasi awal yang dilakukan di TK Mardiputra Kendalketika
proses pembelajaran matematika berlangsung, anak diminta untuk menyebutkan
urutan bilangan, anak tidak mampu melaksanakannya, beberapa anak tidak
mampu membilang dan menunjuk benda, anak juga tidak mampu untuk
menghubungkan /memasangkan lambang bilangan dengan benda-benda, beberapa
anak belum bisa menuliskan angka1-10.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Apakah penggunaan media
Pop-up berpengaruh terhadap kemampuan konsep bilangan anak usia 4-5 tahun di
Tk Mardiputra Kendal? Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar
pengaruh penggunaan Media Pop-up terhadap keampuan konsep bilangan anak
usia 4-5 tahun di TK Mardiputra Kendal.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan
metode eksperimen.Desain eksperimen yang digunakan adalah pre-experimental
design dengan bentuk one-group pretest-posttest design. Populasi penelitian ini
adalah 17 siswa kelompok TK A Mardiputra Kendal. Teknik pengambilan sampel
dalam penelitian ini adalah Non Probabillity Sampling.
Hasil uji hipotesis uji t dimana diperoleh
36.864hasil tersebut
kemudian dibandingkan dengan
distribusi t, taraf sig.0,05 untuk t tabel
0,05:15 sehingga diperoleh
1,753 artinya
>
maka
ditolak
dan
diterima. sehingga dapat disimpulkan bahwa Media Popup diterima yang
berarti terdapat pengaruh penggunaan media popup terhadap kemampuan konsep
bilangan anak.
Berdasarkan hasil penelitian ini saran yang dapat disampaikan adalah
diharapkan anak menikmati atau tertarik dengan penggunaan media dan kegiatan
kegiatan pembelajaran yang diberikan guru seperti penggunaan media Popup
yang mampu meningkatkan kemampuan konsep bilangan anak.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 20 Nov 2024 03:56
Last Modified: 20 Nov 2024 03:56
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/8233

Actions (login required)

View Item
View Item