ANJARSARI, DEWI (2020) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP GAYA DAN KETERAMPILAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL SISWA KELAS V SDN 2 PULOREJO PURWODADI. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.
DEWI ANJARSARI.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (6MB)
Abstract
DEWI ANJARSARI. NPM 15120434. “Penerapan Model Inkuiri
Terbimbing Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Gaya dan Keterampilan
Komunikasi Interpersonal Siswa Kelas V SDN 2 Pulorejo Purwodadi”. Skripsi.
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan
Universitas PGRI Semarang. 2019.
Penelitian ini dilatar belakangi oleh prmahaman konsep siswa yang masih
rendah, hal ini berdasarkan wawancara yang dilakukan dengan wali kelas V SDN
2 Pulorejo Purwodadi, hal itu dibuktikan dengan nilai pembelajaran pada
kompetensi dasar IPA di dapat 70% dari siswa kelas V yang tidak melampaui
KKN yaitu 70.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Apakah penerapan model
inkuiri terbimbing dapat meningkatkan pemahaman konsep gaya siswa kelas V
SDN 2 Pulorejo Purwodadi ? Apakah penerapan model inkuiri terbimbing dapat
meningkatkan keterampilan komunikasi interpersonal siswa kelas V SDN 2
Pulorejo Purwodadi? Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah
Apakah penerapan model inkuiri terbimbing dapat meningkatkan pemahaman
konsep gaya siswa kelas V SDN 2 Pulorejo Purwodadi.Apakah penerapan model
inkuiri terbimbing dapat meningkatkan keterampilan komunikasi interpersonal
siswa kelas V SDN 2 Pulorejo Purwodadi.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dalam bentuk Pre-
Eksperimental Design dengan jenis One Group Pretest-Posttest. Populasi
penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SDN 2 Pulorejo Purwodadi. Sampel
yang diambil adalah 20 siswa kelas V.
Data dalam penelitian ini diperoleh melalui tes dan dokumentasi.
Berdasarkan hasil data yang diperoleh rata-rata hasil pretest diperolah 50,25,
kemudian dengan setelah diberi perlakuan dengan menerapkan model
pembelajaran Inquiry berbantuan media poster di dapat rata-rata hasil posttest
81,5. Selanjutnya perhitungan uji t hasil belajar dengan thitung lebih besar dari ttabel
(13,250 > 2,988) maka Ho ditolak. Artinya ada perbedaan pemahaman konsep
siswa menggunakan model Inkuiri terbimbing. perhitungan uji t hasil belajar
dengan thitung lebih besar dari ttabel (21,056 > 4,708) maka Ho ditolak. Artinya ada
perbedaan keterampilan komunikasi interpersonal siswa.
Berdasarkan hasil penelitian ini, maka saran yang disampaikan adalah
guru dapat mengembangkan kreatifitas dalam mengajar dengan menerapkan
model Inkuiri Terbimbing karena model tersebut dapat membuat peserta didik
untuk membiasakan berpikir untuk mencari jawaban dari masalah yang dihadapi
dalam pembelajaran memahami gaya, sehingga tujuan pembelajaran tercapai
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 20 Nov 2024 03:53 |
Last Modified: | 20 Nov 2024 03:53 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/8232 |