CHITYADEWI, KIRANA (2020) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA MATERI OPERASI HITUNG PENJUMLAHAN PECAHAN DENGAN PENDEKATAN CTL (CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING) KELAS IV SDN WEDARIJAKSA 01 PATI. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.
Kirana.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (5MB)
Abstract
KIRANA CHITYADEWI. NPM 14120061. “Meningkatkan Hasil Belajar
Matematika Pada Materi Operasi Hitung Penjumlahan Pecahan Dengan
Pendekatan CTL ( Contextual Teaching And Learning) Kelas IV SDN
Wedarijaksa 01 Kecamatan Wedarijaksa Kabupaten Pati Tahun Ajaran
2018/2019”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas
Ilmu Pendidikan Universitas PGRI Semarang. Universitas PGRI Semarang.
Pelaksanaan pembelajaran di SDN Wedarijaksa 01 menunjukkan bahwa
hasil belajar Matematika belum maksimal. Hal tersebut disebabkan karena guru
kurang menggunakan media dan model pembelajaran yang menarik, sehingga
siswa kurang aktif merasa bosan dan kurang tertarik dalam mengikuti
pembelajaran. Pada materi pecahan ini sebagian siswa tidak mencapai Kriteria
Ketuntasa Minimal (KKM). Berdasarkan nilai ulangan harian yang diperoleh
siswa, hanya 10 siswa yang memperoleh nilai diatas KKM dan selebihnya belum
mencapai KKM. Melihat kondisi yang demikian perlu diadakan tindakan agar
siswa dapat meningkatkan kemampuanya dan mengerjakan soal bilangan pecahan
minimal nilai 65 sesuai syarat ketuntasan belajar secara individu.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah Apakah dengan pendekatan CTL
(contekstual Teaching Learning) dapat meningkatkan hasil belajar matematika
pada materi operasi hitung penjumlahan pecahan di kelas IV SDN Wedarijaksa 01
Kecamatan Wedarijaksa Kabupaten Pati?. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk
mengetahui bahwa pendekatan CTL dapat meningkatkan hasil belajar matematika
pada materi operasi hitung penjumlahan pecahan kelas IV SDN Wedarijaksa 01
Kecamatan Wedarijaksa Kabupaten Pati Tahun 2018/2019. Dan untuk
mengetahui bagaimana proses pembelajaran matematika pada operasi hitung
penjumlahan pecahan di kelas IV SDN Wedarijaksa 01 Kecamatan Wedarijaksa
Kabupaten Pati Tahun 2018/2019.
Penelitian ini menggunakan metodelogi Penelitian Tindakan Kelas (PTK)
yaitu memperbaiki dan meningkatkan kualitas pembelajaran serta membantu
memberdayakan guru dalammemecahkan masalah pembelajaran disekolah. Dalam
Penelitian Tindakan Kelas ada empat langkah – langkah yaitu : (1) perencanaan,
(2) tindakan, (3) observasi,pengamatan, (4) refleksi. Penelitian dilaksanakan di
SDN Wedarijaksa 01. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas IV sebanyak 28
siswa.
Berdasarkan hasil penelitian ini saran yang disampaikan adalah agar
pembelajaran matematika pada materi operasi hitung penjumlahan pecahan
dengan pendekatan(CTL) sehingga dapat meningkatkah hasil belajar siswa. Guru
kelas IV sekolah dasar diharapkan agar lebih sering menggunakan pendekatan
Contextual Teaching And Learning (CTL) dan memberdayakan alat peraga, juga
disertai LKS agar pembelajaran lebih bermakna baik bagi siswa itu sendiri
maupun bagi guru sebagai pendidik.
Kata Kunci: hasil belajar,operasi hitung, pecahan, CTL(contextual teaching and
learning)
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 20 Nov 2024 03:54 |
Last Modified: | 20 Nov 2024 03:54 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/8230 |