PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TEAMSGAMESTOURNAMENTUNTUKMENINGKATKAN VARIASI GERAK PERMAINAN SEPAK BOLA KELAS VIII SMP N 1 BONANG DEMAK

Nawawi, Kholis (2020) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TEAMSGAMESTOURNAMENTUNTUKMENINGKATKAN VARIASI GERAK PERMAINAN SEPAK BOLA KELAS VIII SMP N 1 BONANG DEMAK. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of KHOLIS NAWAWI.pdf] Text
KHOLIS NAWAWI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Kholis Nawawi “Penerapan Model Pembelajaran Teams Games Tournament
Dalam Penjasorkes Untuk Meningkatkan Variasi Gerak Permainan Sepak Bola
Kelas VIII SMPN 1 Bonang Demak”.
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh 54 % siswa tidak senang dengan mata
pelajaran penjas. Hal ini dapat disimpulkan bahwa pembelajaran permainan Sepak
bola di SMP Negeri 1 Bonang dirasakan berat dan membutuhkan tenaga ekstra
untuk mengikutinya. Model pembelajaran yang selama ini dilakukan kurang
variatif sehingga perlu adanya model pembelajaran yang sesuai dengan
karakteristik peserta didik.Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peningkatan
variasi gerak dalam permainan sepak bola dengan model pembelajaran TGT serta
mengatahui efektivitas model TGT dalam pembelajaran.
Penelitian dilakukan dengan pendekatan eksperimen true. Desain penelitian
menggunakan jenis two group pretest-postest kontrol group.Populasi dalam
penelitian ini adalah seluruh siswa peserta didik SMP N 1 Bonang Demak kelas
VIII A yang berjumlah 30 siswa dan kelas VIII B yang berjumlah 30
siswa.Sampel penelitian diambil dengan menggunakan teknik Cluster Random
Sampling yaitu kelas VIII A sebagai kelas Eksperimen yang diberi perlakuan
model pembelajaran Teams Games Tournamentdan kelas VIII B sebagai kelas
kontrol tanpa diberi perlakuan Teams Games Tournament. Teknik pengumpulan
data dalam penelitian ini berupa observasi,tes dan dokumentasi. Analisis data
menggunakan uji normalitas, uji homogenitas.
Hasil penelitian menunjukan bahwa (1)penerapan model teams games
tournament dapat meningkatkan variasi gerak dalam permainan sepak bola pada
siswa kelas VIII SMP N 1 Bonang Demak. Didapatkan nilai rata-rata post-test
praktik pada kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol dan
nilai praktik post-test kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan dengan pre-test.
(2) Penerapan model teams games tournament efektif digunakan dalam
pembelajaran untuk meningkatkan variasi gerak dalam permainan sepak bola, hal
ini dibuktikan meningkat hasil belajar psikomotorik secara klasikal meningkat
atau efektif.
Kata Kunci: Teams Games Tournament,Variasi Gerak, Permainan Sepak
Bola

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial dan Keolahragaan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 20 Nov 2024 03:45
Last Modified: 20 Nov 2024 03:45
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/8223

Actions (login required)

View Item
View Item