DESKRIPSI KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS SISWA SMA DALAM MENYELESAIKAN MASALAH MATEMATIKA KONTEKSTUAL DITINJAU DARI GAYA KOGNITIF

Sekarsari, Putri Wahyu (2020) DESKRIPSI KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS SISWA SMA DALAM MENYELESAIKAN MASALAH MATEMATIKA KONTEKSTUAL DITINJAU DARI GAYA KOGNITIF. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.

[thumbnail of Putri Wahyu Sekarsari.pdf] Text
Putri Wahyu Sekarsari.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

Kemampuan koneksi matematis perlu dimiliki oleh siswa karena erat kaitannya
dengan kemampuan siswa dalam menyelesaikan masalah matematika, terutama
masalah matematika kontekstual. Dengan masalah matematika kontekstual,
pembelajaran matematika akan lebih bermakna. Tujuan penelitian ini adalah
untuk mendeskripsikan kemampuan koneksi matematis siswa SMA dalam
menyelesaikan masalah matematika kontekstual ditinjau dari gaya kognitif.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Pengambilan data
dilakukan pada siswa kelas XI MIPA 1 SMAN 1 Geyer pada tahun ajaran
2020/2021. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah GEFT (Group
Embedded Figures Test), tes pemecahan masalah matematika kontekstual, dan
pedoman wawancara. Keabsahan data menggunakan triangulasi metode yaitu
membandingkan hasil informasi yang diperoleh dari tes tertulis dan wawancara.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa Field Dependent hanya dapat
memenuhi indikator koneksi matematis yakni mengidentifikasi fakta, konsep,
prinsip matematika dari konteks di luar matematika serta menyebutkan apa yang
diketahui dan apa yang ditanyakan pada soal. Mampu menggunakan hubungan
antara fakta, konsep, prinsip matematika pada masalah yang akan diselesaikan.
Serta dapat menggunakan koneksi matematis dengan matematika atau bidang
lainnya. Sedangkan siswa Field Independent dapat memenuhi indikator koneksi
matematis yakni mengidentifikasi fakta, konsep, prinsip matematika dari konteks
di luar matematika serta menyebutkan apa yang diketahui dan apa yang
ditanyakan pada soal. Menemukan keterkaitan antar prinsip matematika satu
dengan yang lainnya untuk menyelesaikan masalah. Menggunakan hubungan
antara fakta, konsep, prinsip matematika pada masalah yang akan diselesaikan,
dan dapat menggunakan hubungan prinsip matematika satu dengan yang lainnya
untuk prinsip atau formula baru yang diperlukan untuk menyelesaikan masalah,
serta menggunakan keterkaitan konsep dengan prosedur dan operasi hitung untuk
menyelesaikan masalah/konteks di luar matematika.
Kata kunci: Kemampuan Koneksi Matematis, Masalah Matematika Kontekstual,
Gaya Kognitif.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Pendidikan Matematika Ilmu Pengetahuan Alam dan Teknologi Informasi > Pendidikan Matematika
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 20 Nov 2024 03:44
Last Modified: 20 Nov 2024 03:44
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/8221

Actions (login required)

View Item
View Item