ANALISIS KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS DITINJAU DARI KEMAMPUAN MEMECAHKAN MASALAH SISWA KELAS IV SDN TLOGOSARI KULON 01 KOTA SEMARANG

ARIANTI, DEVI (2019) ANALISIS KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS DITINJAU DARI KEMAMPUAN MEMECAHKAN MASALAH SISWA KELAS IV SDN TLOGOSARI KULON 01 KOTA SEMARANG. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of DEVI ARIANTI.pdf] Text
DEVI ARIANTI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

DEVI ARIANTI. NPM 15120279, “Analisis Kemampuan Penalaran Matematis
ditinjau dari Kemampuan Memecahkan Masalah Siswa Kelas IV SDN Tlogosari
Kulon 01 Kota Semarang”, Skripsi, Progam Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Universitas PGRI Semarang. Dosen Pembimbing I Joko Sulianto, S.Pd., M.Pd.
Pembimbing II Drs. Suyitno Y P, M.Pd.
Penelitian ini dilatar belakangi karena kemampuan siswa dalam menalar
dan memecahkan masalah matematika kelas IV ini 40% bisa mengikuti, dan 60%
siswa yang masih mengalami kendala dalam menalar masalah matematika, siswa
kurang didorong untuk mengembangkan kemampuan berpikir dan siswa
memerlukan kemampuan penalaran matematis yang baik dalam proses memahami
matematika itu sendiri.
Fokus penelitian ini adalah (1) Pembelajaran matematika siswa kelas IV
SDN Tlogosari Kulon 01 Semarang, (2) Klasifikasi aspek penalaran matematis
ditinjau dari kemampuan memecahkan masalah siswa kelas IV SDN Tlogosari
Kulon 01 Kota Semarang.
Tujuan penelitian ini adalah (1) Mendeskripsikan proses pembelajaran
siswa kelas IV SDN Tlogosari Kulon 01 Kota Semarang, (2) Mendeskripsikan
klasifikasi penalaran matematis ditinjau dari kemampuan memecahkan masalah
siswa kelas IV SDN Tlogosari Kulon 01 Kota Semarang.
Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode kualitatif deskriptif.
Lokasi penelitian di SDN Tlogosari Kulon 01 Kota Semarang. Pengumpulan data
dalam penelitian ini melalui wawancara, observasi, kuesioner, dan tes mengenai
penalaran.
Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pembelajaran matematika
sudah terlaksana sangat baik dengan perolehan persentase 85%. Melalui sepuluh
aspek pemahaman siswa mengenai penalaran matematis mampu menunjukan hasil
yang baik dengan perolehan persentase memahami pengertian 75%, menentukan
metode 75%, memahami contoh negative 71,9%, berpikir deduksi 68,8%,
membuat alasan 62,5%, berpikir logis 59,4%, menentukan stategi 53,1% masuk
dalam kategori tinggi, untuk aspek penalaran menarik kesimpulan 46,9% masuk
dalam kategori rendah, sedangkan pada aspek penalaran berpikir konsisten 21,9%
dan aspek penalaran berpikir sistematis 6,3% masuk dalam kategori sangat
rendah. Dari perolehan persentase tersebut dapat disimpulkan bahwa persentase
tertinggi yaitu pada aspek penalaran memahami pengertian dan menentukan
metode yaitu sebesar 75% , dan persentase sangat rendah adalah aspek penalaran
berpikir sistematis yaitu sebesar 6,3%. Secara keseluruhan kemampuan penalaran
matematis ditinjau dari kemampuan memecahkan masalah masuk termasuk
kategori tinggi
Saran yang dapat diberikan dalam skripsi ini adalah diharapkan lebih
memperhatikan kemampuan penalaran matematis dan kemampuan memecahkan
masalah siswa selama proses pembelajaran di kelas.
Kata kunci: matematika, penalaran matematis, pemecahan masalah

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 20 Nov 2024 03:40
Last Modified: 20 Nov 2024 03:40
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/8216

Actions (login required)

View Item
View Item