DAMPAK MEDIA SOSIAL INSTAGRAM TERHADAP PERILAKU SISWA (STUDY KASUS SD SUPRIYADI SEMARANG)

AUSHOF, KHOIROMA (2020) DAMPAK MEDIA SOSIAL INSTAGRAM TERHADAP PERILAKU SISWA (STUDY KASUS SD SUPRIYADI SEMARANG). Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of KHOIROMA AUSHOF.pdf] Text
KHOIROMA AUSHOF.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

KHOIROMA AUSHOF. NPM 15120152 “Dampak Media Sosial Instagram
Terhadap Perilaku Siswa ( Studi Kasus Di Sd Supriyadi Semarang )” dengam
pembimbing I Dra. Sri Suneki, M.Si dan pembimbing II HusniWakhyudinS.Pd.,
M.Pd. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Ilmu Pendidikan.
Universitas PGRI Semarang 2019.
Latar belakang yang mendorong dalam penelitian ini adalah terjadinya
dampak media sosial instagram terhadap perilaku siswa sekolah dasar dalam hal
pendidikan, lingkungan, dan sosialnya. hal tersebut disebabkan banyaknya siswa
sekolah dasar yang telah mempunyai akun media sosial instagram.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah dampak media sosial instagram
terhadap siswa Sekolah Dasar. Dengan tujuan yang hendak dicapai adalah untuk
mengetahui dampak media sosial instagram terhadap perilaku siswa sekolah dasar
yaitu pada perilaku sosial, pendidikan, dan lingkungan.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan subjek penelitian
yaitu siswa kelas Vb SD Supriyadi Semarang. Data yang diperoleh menggunakan
observasi, kuesioner angket, wawancara, dan dokumentasi.
Hasil analisis angket siswa dan wawancara dengan guru dan orang tua
menunjukkan bahwa siswa mengalami perubahan perilaku seperti malas
membantu orang tua, malas belajar yang berakibat penurunan nilainya, serta tidak
peduli terhadap kebersihan lingkungannya, dan menumbuhkan jiwa sosial anak.
Kesimpulannya adalah media sosial instagram mempunyai dampak bagi perilaku
siswa sekolah dasar yaitu dalam hal pendidikan, lingkungan dan sosial. Dimana
siswa menjadi malas belajar yang berakibat terhadap nilai ulangannya, malas
untuk membantu orang tuanya, tidak peduli dengan kebersihan lingkungannya,
serta dampak positif dalam hal sosial yaitu menumbuhkan rasa dan jiwa sosial
anak.
Berdasakan kesimpulan tersebut maka saran yang dapat disampaikan bagi
guru adalah memberikan batasan dalam penggunaan smartphone di sekolah dan
untuk orang tua siswa bahwa perlu adanya pembatasan, pengawasan, serta
memberikan pengertian tentang dampak dalam penggunaan media sosial
instagram.
Kata Kunci: Media Sosial, Instagram, Perilaku Siswa SD

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 20 Nov 2024 03:37
Last Modified: 20 Nov 2024 03:37
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/8212

Actions (login required)

View Item
View Item