ANALISIS KESULITAN BELAJAR OPERASI HITUNG PERKALIAN DAN PEMBAGIAN PADA SISWA KELAS III PADA MASA PANDEMI (COVID-19) SD NEGERI 03 KETILENGSINGOLELO JEPARA

INDAH, PUTRI JULIANA (2020) ANALISIS KESULITAN BELAJAR OPERASI HITUNG PERKALIAN DAN PEMBAGIAN PADA SISWA KELAS III PADA MASA PANDEMI (COVID-19) SD NEGERI 03 KETILENGSINGOLELO JEPARA. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.

[thumbnail of PUTRI JULIANA INDAH.pdf] Text
PUTRI JULIANA INDAH.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

PUTRI JULIANA INDAH. NPM 16120280. “Analisis Kesulitan Belajar
Operasi Hitung Perkalian dan Pembagian pada Siswa Kelas III pada Masa
Pandemi (Covid-19) SD Negeri 03 Ketilengsingolelo Jepara”. Skripsi Program
Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas
PGRI Semarang 2020.
Latar belakang yang mendorong peneliti ini adalah masalah kesulitan
belajar operasi hitung perkalian dan pembagian harus segera diatasi. Jika kesulitan
ini berlanjut, siswa akan mengalami banyak kesulitan pada materi-materi
selanjutnya, dan membuat siswa takut dan tidak suka dengan pelajaran
matematika.
Fokus penelitian dalam penelitian ini adalah “bagaimana kesulitan belajar
operasi hitung perkalian dan pembagian pada siswa kelas III pada masa pandemi
(covid-19) SD Negeri 03 Ketilengsingolelo Jepara?”. Tujuan penelitian ini adalah
untuk mengetahui kesulitan belajar operasi hitung perkalian dan pembagian.
Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Objek penelitian ini
adalah 15 siswa kelas III dan guru kelas III.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa berdasarkan hasil observasi,
wawancara dan dokumentasi yang telah dilakukan peneliti tergolong klasifikasi
yang tinggi . Hal ini dibuktikan adanya siswa melakukan kesalahan pemahaman
konsep, keterampilan berhitung, dan pemecahan masalah. Serta faktor yang
melatarbelakangi kesulitan belajar operasi hitung perkalian dan pembagian terdiri
dari faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal, (1) kognitif siswa dalam
operasi perkalian dan pengurangan yang masih lemah, (2) kurangnya perhatian
siswa saat menerima pelajaran, (3) minat belajar yang masih rendah. Sedangkan
faktor eksternal terdiri dari, (1) Orang tua, kurangnya perhatian orang tua terhadap
kebiasaan belajar anak di rumah, (2) Pada masa pandemi (covid-19) ini siswa
belajar dirumah secara online yang tidak kondusif, (3) Ekonomi dan pendidikan
orang tua yang mempengaruhi sistem belajar anak, (4) Faktor sekolah meliputi,
pendekatan guru terhadap siswa yang kurang terjalin, banyaknya materi pelajaran
dan kurangnya waktu,pemberian latihan soal – soal pembagian dan perkalian yang
belum tepat.
Berdasarkan hasil penelitian ini saran yang dapat disampaikan adalah
sekolah diharapkan mampu meningkatkan keterampilan guru dalam penggunaan
media untuk menunjang keberhasilan belajar siswa, guru lebih inovatif dalam
pembelajaran, sedangkan bagi siswa diharapkan siswa lebih meningkatkan
motivasi dan minatnya dalam pembelajaran operasi hitung perkalian dan
pembagian, serta meningkatkan keterampilan berhitung dengan banyak berlatih.
viii
Dan orang tua diharapkan lebih memperhatikan sistem belajar anak dengan
mendampingi atau memfasilitasi untuk menunjang hasil belajar yang lebih baik.
Kata kunci: Kesulitan belajar,Operasi hitung Perkalian, Pembagian Sekolah Dasar.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 20 Nov 2024 03:36
Last Modified: 20 Nov 2024 03:36
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/8211

Actions (login required)

View Item
View Item