PENERAPAN MODEL DIGITAL LEARNING DALAM PEMBELAJARAN MEMAHAMI UNSUR KEBAHASAAN TEKS BIOGRAFI PADA PESERTA DIDIK KELAS X MAN 2 KOTA SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2019/2020

SEMBIRING, PUTRI HAGANA BR (2020) PENERAPAN MODEL DIGITAL LEARNING DALAM PEMBELAJARAN MEMAHAMI UNSUR KEBAHASAAN TEKS BIOGRAFI PADA PESERTA DIDIK KELAS X MAN 2 KOTA SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2019/2020. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.

[thumbnail of PUTRI HAGANA BR SEMBIRING_compressed.pdf] Text
PUTRI HAGANA BR SEMBIRING_compressed.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Putri Hagana Br Sembiring. NPM 16410020. Penerapan Model Digital
Learning dalam Pembelajaran Memahami Unsur-unsur Kebahasaan Teks Biografi
pada Pesera Didik Kelas X MAN 2 Kota Semarang Tahun Pelajaran 2019/2020.
Skripsi. Fakultas Pendidikan Bahasa dan Seni Universitas PGRI Semarang.
Pembimbing I Dr. Asropah, M.Pd. Pembimbing II Ahmad Rifai, S.Pd., M.Pd. Mei
2020.
Kata kunci: penerapan, model Digital Learning, teks biografi.
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya antusias peserta didik dalam
memahami unsur-unsur kebahasaan teks biografi dan kurang maksimalnya nilai
yang didapatkan dengan model pembelajaran yang kurang menarik. Oleh karena
itu perlu adanya penggunaan model tertentu agar menumbuhkan minat peserta
didik dalam belajar dan juga menjawab soal yang diberikan oleh pendidik. Salah
satu model yang dapat diterapkan yaitu model Digital Learning.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah penerapan
model Digital Learning dalam pembelajaran memahami unsur-unsur kebahasaan
teks biografi pada peserta didik kelas X MAN 2 Kota Semarang? Adapun tujuan
penelitian ini untuk mendeskripsikan penerapan model Digital Learning dalam
pembelajaran memahami unsur-unsur kebahasaan pada peserta didik kelas X
MAN 2 Kota Semarang Tahun Pelajaran 2019/2020.
Metode pengambilan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah
teknik tes dan nontes. Teknik tes berupa menyajikan hasil yang didapatkan dari
nilai yang diperoleh oleh peserta didik. Sedangkan teknik nontes ialah angket
yang diberikan oleh peneliti kepada peserta didik. Pendekatan penelitian yang
digunakan adalah kualitatif deskriptif.
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas X IPA 1-
X IPA 6. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas X IPA 6 yang berjumlah 31
peserta didik sebagai kelas yang dijadikan penelitian. Teknik penyajian hasil
analisis data dilakukan secara kualitatif, yaitu dengan cara mendeskripsikan
penerapan model Digital Learning dalam pembelajaran memahami unsur-unsur
kebahasaan teks biografi pada peserta didik kelas X MAN 2 Kota Semarang
Tahun Pelajaran 2019/2020.
Hasil yang diperoleh dalam pembelajaran memahami unsur-unsur
kebahasaan teks biografi menggunakan model Digital Learning dapat diterapkan
dalam pembelajaran teks biografi pada peserta didik kelas X MAN 2 Kota
Semarang Tahun Pelajaran 2019/2020. Kemampuan peserta didik dalam
menjawab soal teks biografi memperoleh kategori baik. Peserta didik dapat
menjawab soal dengan baik dilihat dari nilai rata-rata peserta didik yaitu 87
dengan Kriteria Ketuntasan Minimal 67 sesuai dengan yang ditetapkan pada mata
pelajaran Bahasa Indonesia kelas X MAN 2 Kota Semarang

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Pendidikan Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 20 Nov 2024 03:33
Last Modified: 20 Nov 2024 03:33
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/8208

Actions (login required)

View Item
View Item