KEEFEKTIFAN PEMBELAJARAN BOLA BASKET MENGGUNAKAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS APLIKASI ANDROID DI SMK NEGERI 5 SEMARANG

Fatah, Khoerul (2020) KEEFEKTIFAN PEMBELAJARAN BOLA BASKET MENGGUNAKAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS APLIKASI ANDROID DI SMK NEGERI 5 SEMARANG. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of KHOERUL FATAH.pdf] Text
KHOERUL FATAH.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Khoerul Fatah “Keefektifan pembelajaran bola basket menggunakan
media pembelajaran berbasis aplikasi android di SMK Negeri 5 Semarang untuk
meningkatkan hasil belajar bola basket pada siswa kelas X SMK Negeri 5
Semarang”. Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahauan Sosial dan Keolahragaan
Universitas PGRI Semarang 2019.
Latar belakang penelitian ini adalah berdasarkan hasil survai pada saat
pelaksanaan magang minat siswa terhadap pembelajaran masih kurang banyak
yang belum bisa mempraktikan teknik-teknik dasar bola basket dengan baik,
sehingga banyak siswa yang belum dapat memenuhi standar KKM yang telah
ditentutakan oleh sekolah yaitu 75. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui
apakah media pembelajaran berbasis aplikasi android berpengaruh terhadap hasil
belajar siswa pada materi bola basket kelas X SMK Negeri 5 Semarang.
Penelitian ini merupakan eksperimen semu pemilihan sampel pada quasi
eksperimen pretest-posttest control dengan random sampling dengan cara diundi
dari 13 kelas medapatkan dua kelas sebagai sampel yaitu siswa kelas X DPIB 2
yang berjumlah 36 siswa terdiri dari 29 laki-laki dan 7 perempuan sebagai kelas
eksperimen dan X TKJ 1 yang berjumlah 36 siswa terdiri dari 26 laki-laki dan 10
perempuan sebagai kelas kontrol. Setelah itu kelompok eksperimen mendapatkan
perlakuan, sedangkan kelompok kontrol tidak mendapat perlakuan. Kemudian
keduanya mendapatkan posttest untuk mengetahui hasil yang telah dilakukan.
Hasil penelitian pretest dan postest menunjukan adanya perbedaan rata-
rata hasil belajar kelas kontrol pretest 64,81 dan postest 72,14 berdasarkan hasil
uji t diketahui hasil belajar (-11,906 dan sig (p) = 0,000 < 0,05). Sedangkan kelas
eksperimen pretest 65,25 dan postest 77,19 berdasarkan hasil uji t diketahui hasil
belajar (-15,241 dan sig (p) = 0,000 < 0,05).
Berdasarkan hasil diatas dapat disimpulkan bahwa data mengalamai
peningkatan, artinya penggunaan media pembelajaraan berbasis aplikasi android
berpengaruh untuk meningkatkan hasil belajar bola basket pada siswa kelas X
SMK Negeri 5 Semarang. Saran yang dapat penulis sampaikan adalah media
pembelajaran berbasis aplikasi android dapat digunakan sebagai salah satu
alternatif guru dalam mengajar.
Kata kunci: Aplikasi Android, Bola Basket, Hasil Belajar, Media Pembelajaran

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial dan Keolahragaan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 20 Nov 2024 03:30
Last Modified: 20 Nov 2024 03:30
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/8205

Actions (login required)

View Item
View Item