PENGARUH DISIPLIN BELAJAR DAN SARANA PRASARANA TERHADAP PRESTASI BELAJAR MELALUI MOTIVASI BELAJAR PADA MATA PELAJARAN EKONOMI SISWA KELAS X IPS SMA NEGERI 1 JEPON KABUPATEN BLORA TAHUN AJARAN 2019/2020

Nasikhah, Desy Ayu Khalifatun (2020) PENGARUH DISIPLIN BELAJAR DAN SARANA PRASARANA TERHADAP PRESTASI BELAJAR MELALUI MOTIVASI BELAJAR PADA MATA PELAJARAN EKONOMI SISWA KELAS X IPS SMA NEGERI 1 JEPON KABUPATEN BLORA TAHUN AJARAN 2019/2020. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of DESY AYU KHALIFATUN NASIKHAH.pdf] Text
DESY AYU KHALIFATUN NASIKHAH.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

Desy Ayu Khalifatun Nasikhah, NPM 15220123. Penelitian ini bertujuan
untuk mengetahui Pengaruh Disiplin Belajar dan Sarana Prasarana terhadap
Prestasi Belajar melalui Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi
Siswa Kelas X IPS SMA Negeri 1 Jepon. Hasil Penelitian ini menunjukkan
bahwa: 1) disiplin belajar berpengaruh signifikan terhadap motivasi belajar di
SMA Negeri 1 Jepon kabupaten blora. 2) sarana prasarana tidak berpengaruh
terhadap motivasi di SMA Negeri 1 jepon kabupaten blora. 3) disiplin belajar
berpengaruh signifikan terhadap prestasi belajar di SMA Negeri 1 Jepon
kabupaten blora, 4) sarana prasarana tidak berpengaruh terhadap prestasi belajar
di SMA Negeri 1 Jepon kabupaten blora, 5) motivasi belajar berpengaruh
signifikan terhadap prestasi belajar di SMA Negeri 1 Jepon kabupaten blora. Hasil
uji persamaan I diperoleh senilai 0,058 menunjukkan bahwa variabel disiplin
belajar, sarana prasarana terhadap motivasi sebesar 5,8% sementara sisanya
94,2%. Persamaan II diperoleh senilai 0,126 menunjukkan bahwa variabel
disiplin belajar, sarana prasarana terhadap prestasi belajar sebesar 12,6%,
sementara sisanya 87,4% merupakan kontribusi variabel lain.
Hasil pengaruh langsung menunjukkan bahwa Disiplin Belajar (X1)
terhadap Prestasi Belajar (Y2) bepengaruh signifikan dan Sarana Prasarana (X2)
terhadap Prestasi Belajar (Y2) berpengaruh signifikan. Dan pengaruh tidak
langsung menunjukkan bahwa Disiplin Belajar (X1) berpengaruh signifikan
terhadap Motivasi Belajar (Y1) serta Motivasi Belajar berpengaruh signifikan
terhadap Prestasi Belajar (Y2) dan Sarana Prasarana (X2) berpengaruh signifikan
terhadap Motivasi Belajar (Y1) serta Motivasi belajar (Y1) berpengaruh
Signifikan terhadap Prestasi Belajar (Y2). Dapat disimpulkan bahwa pengaruh
langsung antara disiplin belajar, sarana prasarana dan prestasi belajar lebih besar
dibandingkan dengan pengaruh tidak langsung disebabkan karena motivasi belajar
sebagai variabel intervening.
Kata Kunci: Disiplin Belajar, Sarana Prasarana, Prestasi Belajar, dan
Motivasi Belajar.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial dan Keolahragaan > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 20 Nov 2024 03:30
Last Modified: 20 Nov 2024 03:30
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/8203

Actions (login required)

View Item
View Item