POTENSI PEMBELAJARAN BERBASIS STEAM (Science, Technology, Engineering, Art, and Mathematic) PADA KURIKULUM 2013 KELAS V (LIMA) SEKOLAH DASAR

BALQIS, PUTRI (2020) POTENSI PEMBELAJARAN BERBASIS STEAM (Science, Technology, Engineering, Art, and Mathematic) PADA KURIKULUM 2013 KELAS V (LIMA) SEKOLAH DASAR. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.

[thumbnail of Putri Balqis.pdf] Text
Putri Balqis.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

PUTRI BALQIS. NPM 16120121. “Potensi Pembelajaran Berbasis STEAM
(Science, Technology, Engineering, Art, And Mathematic) Pada Kurikulum 2013
Kelas V (Lima) Sekolah Dasar”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah
Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas PGRI Semarang. 2020.
Penerapan STEAM (Science, Technology, Engineering, Art, Mathematic)
dalam Pendidikan Anak Sekolah Dasar adalah bentuk revolusi pendidikan yang
mengintegrasikan berbagai bidang Science, Technology, Engineering, Art, and
Mathematic
dalam
kegiatan
proses
pembelajaran.
Pendekatan
STEAM
mendukung pengembangan penyelidikan ilmiah peserta didik dengan kemampuan
untuk merancang proses bagaimana alat bekerja. Buku Guru dan Buku Siswa
Kurikulum 2013 Kelas V (Lima) Sekolah Dasar dalam pembelajaran dianalisis
dengan metode deskriptif kualitatif. Obyek penelitian yaitu Buku Guru dan Buku
Siswa Kurikulum 2013 Kelas V (Lima) Sekolah Dasar. Teknik pengumpulan data
menggunakan analisis dokumentasi, sedangkan analisis data dilakukan dengan
model Milles dan Huberman (2007) yang meliputidata collection, data reduction,
data display, conclusion drawing/verification. Hasil penelitian menunjukan
bahwa penggunaan Buku Guru dan Buku Siswa Kurikulum 2013 Kelas V (Lima)
Sekolah Dasar dalam pembelajaran memberikan peluang bagi siswa untuk
mengeksplorasi, menganalisis, dan membuat. Siswa berlatih melakukan kegiatan
serta mengembangkan materi dalam kegiatan pembelajaran agar siswa mampu
berpikir kritis dalam pemecahan masalah, mampu berkolaborasi dan memiliki
jiwa kepeminpinan, miliki ketangkasan dan kemampuan beradaptasi, inisiatif dan
berjiwa entrepeneur, mampu berkomunikasi efektif baik secara oral maupun
tertulis, mampu mengakses dan menganalisis informasi, dan memiliki rasa ingin
tahu dan imajinasi. produktifitas dan akuntabilitas, serta mampu berinovasi.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 20 Nov 2024 03:28
Last Modified: 20 Nov 2024 03:28
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/8201

Actions (login required)

View Item
View Item