PENGARUH PENERAPAN STRATEGI THINK PAIR SHARE BERBANTUKAN MEDIA FOTO TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS DESKRIPSI PADA SISWA KELAS II SD NEGERI 2 PULO REMBANG TAHUN PELAJARAN 2023/2024

SAPUTRA, HIMAWAN ANGGA (2023) PENGARUH PENERAPAN STRATEGI THINK PAIR SHARE BERBANTUKAN MEDIA FOTO TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS DESKRIPSI PADA SISWA KELAS II SD NEGERI 2 PULO REMBANG TAHUN PELAJARAN 2023/2024. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.

[thumbnail of HIMAWAN ANGGA SAPUTRA 19120053.pdf] Text
HIMAWAN ANGGA SAPUTRA 19120053.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

HIMAWAN ANGGA SAPUTRA. NPM 19120053. “Pengaruh Penerapan
Strategi Think Pair Share berbantukan Media Foto terhadap Keterampilan Menulis
Deskripsi pada Siswa Kelas II SD Negeri 2 Pulo Rembang Tahun Pelajaran
2023/2024”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu
Pendidikan Universitas PGRI Semarang. Pembimbing I Qoriati Mushafanah S.Pd.,
M.Pd. Pembimbing II Asep Ardiyanto, S.Pd., M.Or. 2023.
Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah rendahya hasil belajar
siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia materi keterampilan menulis deskripsi.
Hal tersebut disebabkan kurangnya pembelajaran yang efektif serta Strategi dan
media pembelajaran yang kurang bervariasi. Penelitian ini bertujuan untuk
mengetahui pengaruh Strategi Think Pair Share berbantukan media Foto dalam
meningkatkan hasil belajar Bahasa Indonesia materi Keterampilan menulis
deskripsi kelas II SD Negeri 2 pulo Rembang. Jenis penelitian ini adalah penelitian
kuantitatif dengan menggunakan pendekatan Pre-Experimental Design, karena
penelitian ini dirancang hanya meliputi satu kelompok. Populasi dalam penelitian
ini adalah seluruh siswa kelas II SD Negeri 2 Pulo Rembang. Sampel Penelitian ini
yaitu siswa kelas II SD Negeri 2 Pulo Rembang berjumlah 26 siswa dengan
menggunakan teknik sampling yaitu Nonprobability Sampling. Data dalam
penelitian ini diperoleh melalui observasi, wawancara, dokumentasi dan tes.
Data yang terkumpul kemudian dianalisis menggunakan uji-t, yang
sebelumnya di uji normalitas awal dan akhir. Dari hasil penelitian rata-rata nilai
hasil belajar pretest sebesar 61,53 dan rata-rata nilai hasil posttest sebesar 81,73.
Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh rata-rata hasil belajar pretest dan
posttest kemudian dianalisis akhir menggunakan uji-t diketahui N= 26 didapatkan
nilai t hitung sebesar 15,327 dan db= 26 –2 = 24 maka diperoleh 24 dengan taraf
signifikansi 5% didapatkan t tabel sebesar 2,064. t hitung sebesar 15,327 dan t tabel
sebesar 2,064. Maka nilai t hitung > t tabel (15,327> 2,064), sehigga H 0 ditolak dan H a
diterima. Maka ada perbedaan hasil belajar Bahasa Indonesa kelas II SD Negeri 2
Pulo Rembang antara sebelum dan sesudah diterapkan Strategi Think Pair Share
berbantu media Foto. Dapat disimpulkan bahwa Strategi Think Pair Share
berbantu media Foto berpengaruh dalam meningkatkan hasil belajar Bahasa
Indonesia materi keterampilan menulis deskripsi kelas II SD Negeri 2 Pulo
Rembang.
Berdasarkan hasil penelitian ini saran yang dapat disampaikan adalah agar
Strategi Think Pair Share berbantu media Foto dapat digunakan sebagai salah
satu alternatif guru dalam mengajar.
Kata Kunci : Think Pair Share, Media Foto, Keterampilan Menulis Deskripsi.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 03 Jan 2024 04:28
Last Modified: 03 Jan 2024 04:28
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/82

Actions (login required)

View Item
View Item