ULFAH, KHARISMA (2020) PENGARUH LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK ROLE PLAYING UNTUK MENINGKATKAN RASA PERCAYA DIRI PADA SISWA KELAS XI SMK N 2 KENDAL. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.
kharisma Ulfah.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (5MB)
Abstract
KHARISMA ULFAH, NPM 15110113.“Pengaruh layanan bimbingan
kelompok dengan teknik role playing untuk meningkatkan rasa percaya diri
pada siswa kelas XI SMK N 2 Kendal”. Skripsi Fakultas Ilmu Pendidikan.
Universitas PGRI Semarang 2019. Pembimbing I: Heri Saptadi Ismanto, S.Pd.,
M.Pd., Kons, Pembimbing II: Agus Setiawan, S.Pd, M.Pd.
Penelitian ini dilatar belakangi rendahnya rasa percaya diri pada siswa. Bentuk
dari rendahnya rasa percaya diri pada siswa antara lain: tidak berani tampil di
depan kelas, siswa kurang aktif saat pelajaran berlangsung, sering mencontek
karena ragu dengan jawaban sendiri.
Permasalahan yang dikaji adalah apakah layanan bimbingan kelompok dengan
teknik role playing berpengaruh pada kurangnya rasa percaya diri siswa kelas XI
SMK N 2 Kendal? Adapun tujuan penelitian ini, untuk mengetahui pengaruh
layanan bimbingan kelompok dengan teknik role playing untuk meningkatkan
rasa percaya diri pada siswa kelas XI SMK N 2 Kendal.
Metode penelitian ini adalah kuantitif, dengan true eksperiment design. Populasi
dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI DPIB 1, XI DPIB 2, XI TPTU 1 dan XI
TPTU 2 SMK N 2 Kendal yang berjumlah144 siswa. Sampel yang digunakan
sebanyak 20 yang dibagi menjadi dalam dua bagian yaitu 10 sebagai kelompok
eksperimen dan 10 sebagai kelompok kontrol. Data dalam penelitian diperoleh
melalui instrumen penelitian skala percaya diri dengan empat alternatif jawaban.
Hasil analisis dengan menggunakan uji-t. Penelitian yang digunakan adalah
pretest-posttest control group design.
Hasil pretest menunjukkan rata-rata kelompok eksperimen sebesar 81,3 dan
kelompok kontrol menunjukkan rata-rata 81,7 sedangkan hasil postest
menunjukkan rata-rata kelompok eksperimen sebesar 91,2 dan kelompok kontrol
menunjukkan rata-rata 80,6. Terjadi peningkatan rata-rata kelompok eksperimen
sebesar 10,1 poin. Pada perhitungan uji-t diperoleh hasil thitung 3,541 dan ttabel
diperoleh pada taraf signifikan 5% sebesar 2,101. Maka thitung lebih besar dari
ttabel artinya Ha diterima dan Ho ditolak. Maka dapat disimpulkan Bimbingan
Kelompok dengan Teknik Role Playing Berpengaruh untuk Meningkatkan Rasa
Percaya Diri pada Siswa Kelas XI SMK N 2 Kendal.
Kata kunci: Layanan bimbingan kelompok dengan teknik role playing,
percaya diri siswa.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 20 Nov 2024 03:27 |
Last Modified: | 20 Nov 2024 03:27 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/8199 |