ABDULLAH, KHAFIDZ (2020) ANALISIS MEDIA PEMBELAJARAN AUDIOVISUAL TERHADAP MINAT BELAJAR IPA SISWA KELAS V DI SDN 02 NGAWENSARI KECAMATAN RINGINARUM KABPUTAN KENDAL. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.
KHAFIDZ ABDULLAH.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (4MB)
Abstract
KHAFIDZ ABDULLAH. NPM 16120337. “Analisis Media Pembelajaran
Audiovisual terhadap Minat Belajar IPA Siswa Kelas V di SDN 02 Ngawensari
Kecamatan Ringinarum Kabupaten Kendal”. Skripsi. Program Studi Pendidikan
Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas PGRI Semarang.
Dosen Pembimbing I Henry Januar Saputra, S.Pd.,M.Pd. Dosen Pembimbing II
Ikha Listyarini, S.Pd.,M.Hum.2020.
Konteks penelitian yang melatar belakangi penelitian ini adalahpada
pembelajaran tematik media sangat penting dalam perangkat pembelajaran guna
mendukung tercapainya suatu materi yang diberikan agar siswa bisa berpikir
konkrit tidak lagi abstrak ketika guru sedang menerangkan materi atau pelajaran
tersebut.pada pembelajaran IPA menggunakan Media Audiovisual siswa menjadi
paham dengan bentuk atau istilah kata pada Materi IPA peserta didik tidak lagi
abstrak dalam istilah dan bentuk, dalam hal ini peserta didik bisa berpikir
langsung mengenai bentuk - bentuk dan istilah dengan di tampilkannya melalui
media Audiovisual jenis Video dalam pembelajaran IPA. Permasalahan dalam
penelitian ini adalah bagaimana media pembelajaran audiovisual terhadap minat
belajar IPA kelas V di SDN 02 Ngawensari Kecamatan Ringinarum Kabupaten
Kendal.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan
deskriftif. Lokasi penelitian dilaksanakan di SDN 02 Ngawensari Kecamatan
Ringinarum Kabupaten Kendal. Sasaran penelitian mengenai pengaruh Media
pembelejaran Audiovisual terhadap Minat Belajar IPA. Teknik pengumpulan data
yaitu dengan observasi, wawancara, angket dan dokumentasi. Pengecekan data
dengan cara meningkatkan ketekunan, triangulasi, dan perpanjang pengamatan.
Sedangkan teknik analisis data melalui tahap reduksi data, penyajian data dan
verifikasi atau kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukan bahwapenggunaan media pembelajaran
audiovisual jenis video dapat mendorong minat belajar siswa, mempermudah
konsep yang kompleks menjadi sederhana serta menambah daya serap siswa
terhadap materi pembelajaran. Dalam proses pembelajaran siswa lebih fokus,
aktif, responsif dan rasa ingin tahu siswa lebih meningkat. Dapat dijelaskan
bahwa media audiovisual mampu meningkatkan minat belajar IPA dengan hasil
presentase pada angket mencapai 88,23% dengan jumlah peserta didik 15 anak
mencapai kriteria sangat baik dan 11,77% atau 2 anak mencapai kriteria baik.
Berdasarkan hasil penelitian ini saran yang dapat disampaikan adalah
dalam proses pembelajaran diharapkan guru lebih inovatif menggunakan media
pembelajaran. Karena media pembelajaran sendiri sangat efektif terhadap minat
belajar siswa menjadikan tertarik mengikuti pembelajaran. Agar tercapainya
pembelajaran yang maksimal.
Kata kunci: Media Audiovisual, Minat Belajar, Ilmu Pengetahuan Alam.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 20 Nov 2024 03:23 |
Last Modified: | 20 Nov 2024 03:23 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/8195 |