ARYANI, DESI (2019) UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF ANAK MENGENAL BENTUK GEOMETRI MELALUI BERMAIN BALOK DI KELOMPOK BERMAIN SANGGAR KEGIATAN BELAJAR (SKB) DEMAK. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.
DESI ARYANI.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (8MB)
Abstract
DESI ARYANI. NPM 18156085 “Upaya Meningkatkan Kemampuan Kognitif
Anak Mengenal Bentuk Geometri Melalui Bermain Balok Di Kelompok
Bermain Sanggar Kegiatan Belajar (SKB) Demak” Skripsi. Program Studi
Pendidikan Guru PAUD Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas PGRI Semarang.
2019.
Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah rendahnya
kemampuan kognitif anak yang disebabkan kurang menariknya metode
pembelajaran di pergunakan dalam kegiatan pembelajaran.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah Bagaimanakah proses
pembelajaran melalui bermain balok untuk meningkatkan kemampuan kognitif
anak mengenal bentuk geometri di Kelompok Bermain Sanggar Kegiatan Belajar
(SKB) Demak Tahun Pelajaran 2019/2020?
Tujuan dari penelitian ini adalah: 1) Untuk meningkatkan kemampuan
kognitif anak. 2) Untuk mengetahui proses pelaksanaan pembelajaran melalui
bermain balok dapat meningkatkan kemampuan kognitif anak mengenal bentuk
geometri di Kelompok Bermain Sanggar Kegiatan Belajar (SKB) Demak Tahun
Pelajaran 2019/2020.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas. Instrumen
yang digunakan dalam penelitian meliputi pedoman observasi, pedoman
wawancara, studi dokumentasi, dan juga menggunakan teknis analisis data.
Berdasarkan pembahasan hasil penelitian tindakan tersebut dapat ditarik
kesimpulan bahwa dengan bermain balok dapat meningkatkan kemampuan kognitif
anak mengenal bentuk geometri di Kelompok Bermain Sanggar Kegiatan Belajar
SKB Demak dengan indikator pencapaiannya sebagai berikut : kondisi awal
sebelum melalui bermain balok kemampuan kognitif anak masih rendah sekali
hanya sebesar 0%. Pada siklus I kemampuan kognitif anak meningkat menjadi 25%.
Setelah dilakukan perbaikan pembelajaran pada siklus II dengan metode yang sama
yaitu dengan bermain balok dapat meningkatkan kemampuan kognitif anak
mengenal bentuk geometri meningkat menjadi 83,33% dan sudah melebihi
indikator yang ingin dicapai.
Kunci : Bermain Balok, kemampuan kognitif, mengenal bentuk geometri.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 20 Nov 2024 03:20 |
Last Modified: | 20 Nov 2024 03:20 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/8192 |