KEEFEKTIFAN BIMBINGAN KLASIKAL DENGAN TEKNIK SIMULATION GAMES UNTUK MENINGKATKAN KEPERCAYAN DIRI SISWA KELAS XI SMA KESATRIAN 2 SEMARANG

DEWI, KENSITA MUTIARA (2020) KEEFEKTIFAN BIMBINGAN KLASIKAL DENGAN TEKNIK SIMULATION GAMES UNTUK MENINGKATKAN KEPERCAYAN DIRI SISWA KELAS XI SMA KESATRIAN 2 SEMARANG. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of Kensita M.D.pdf] Text
Kensita M.D.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Kensita Mutiara Dewi 15110002. “Keefektifan Bimbingan Klasikal dengan
Teknik Simulation Games Untuk Meningkatkan Kepercayaan Diri Siswa
Kelas XI SMA Kesatrian 2 Semarang”. Skripsi. Program Studi Pendidikan
Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas PGRI
Semarang. 2020. Siti Fitriana S.Pd.,M.Pd.Kons sebagai dosen pembimbing I, dan
Farikha Wahyu Lestari, S.Pd.,M.Pd sebagai dosen pembimbing ke II.
Penelitian di latar belakangi oleh siswa yang mengalami kesulitan dalam
kepercayaan diri, siswa kurang mampu untuk mengungkapkan pendapatnya, siswa
juga malu dengan peserta didik yang lain, siswa tidak memberi umpan balik pada
guru bk.
Permasalahan yang dikaji dalam penelitian adalah apakah ada keefektifan
bimbingan klasikal dengan teknik simulation games untuk meningkatkan
kepercayaan diri siswa. Adapun tujuan penelitian ini untuk mengetahui
keefektifan bimbingan klasikal dengan teknik simulation games untuk
meningkatkan kepecayaan diri siswa kelas XI SMA Kesatrian 2 Semarang.
Jenis Penelitian adalah eksperimen kuantitatif dan jenis penelitian true
experimental dengan desain pretest posttest control group desain. Peneliti
menggunakan sebanyak 70 siswa untuk kelompok eksperimen 35 siswa dan
kelompok control 35 siswa. Metode pengumpulan data menggunakan skala likert,
wawancara, dan observasi. Teknik yang digunakan dalam penelitian ini adalah
simple random sampling. Hasil post test menunjukan rata-rata kelompok
eksperimen sebesar 122,97 dan kelompok kontrol sebesar 97,51. Sehingga terjadi
peningkatan rata-rata pada kelompok eksperimen sebesar 41,4. Hasil uji hipotesis
diperoleh hasil thitung=6,84 ttabel=1,99. Selanjutnya dikonsultasikan dengan taraf
signifikansi 5% sehingga thitung>ttabel yaitu 2,90 > 1,99. Disimpulkan bahwa
kepercayaan diri siswa kelas XI SMA Kesatrian 2 Semarang mengalami
peningkatan setelah diberikan teknik simulation games dalam bimbingan klasikal.
Kata kunci : Bimbingan klasikal teknik simulation games, kepercayaan diri.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 20 Nov 2024 03:19
Last Modified: 20 Nov 2024 03:19
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/8191

Actions (login required)

View Item
View Item