PENGARUH PEMBERIAN TUGAS PERORANGAN DAN KELOMPOK TERHADAP HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA MATERI TEKS DESKRIPSI PESERTA DIDIK KELAS VII DI SMP NEGERI 2 PECANGAAN JEPARA TAHUN PELAJARAN 2022/2023

RAHMANINGRUM, FRISKA (2023) PENGARUH PEMBERIAN TUGAS PERORANGAN DAN KELOMPOK TERHADAP HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA MATERI TEKS DESKRIPSI PESERTA DIDIK KELAS VII DI SMP NEGERI 2 PECANGAAN JEPARA TAHUN PELAJARAN 2022/2023. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of FRISKA RAHMANINGRUM 19410067.pdf] Text
FRISKA RAHMANINGRUM 19410067.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengraruh pemberian tugas
perorangan dan kelompok terhadap hasil belajar bahasa Indonesia materi teks
deskripsi kelas VII SMP Negeri 2 Pecangaan Jepara. Penelitian ini dilaksanakan di
kelas VII F dan VIIG masing-masing kelas berjumlah 32 peserta didik. Untuk
memperoleh data yang diperlukan maka peneliti menggunakan metode berupa
observasi, tes tertulis, non tertulis, dokumentasi, sedangkan metode analisis yang
digunakan adalah metode kuantitatif data berupa angka. Teknik analisis data yang
digunakan peneliti yaitu uji validitas, uji reliabilitas, uji multikolinearitas, uji
heteroskedastis, uji normalitas, uji hipotesis. Hasil penelitian ini adalah adanya
perbedaan hasil prestasi belajar bahasa Indonesia materi teks deskripsi
menggunakan pemberian pembelajaran tugas perorangan dan kelompok. Dari hasil
hipotesis peserta didik yang diberikan tugas perorangan hasi belajar lebih baik
sebesar 0,579 dibandingkan hasil belajar sebesar 0,564 yang dihasilkan peserta
didik yang diberikan tugas kelompok
Kata kunci: teks deskripsi, metode kuantitatif, model pembelajaran, hasil belajar

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania
Divisions: Fakultas Pendidikan Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 16 Jan 2024 01:44
Last Modified: 16 Jan 2024 01:44
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/819

Actions (login required)

View Item
View Item