PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF KOMPUTER DAN JARINGAN DASAR BERBASIS AUGMENTED REALITY DI SMK LPI SEMARANG

LESTARI, KARTIKA ESTIANI (2020) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF KOMPUTER DAN JARINGAN DASAR BERBASIS AUGMENTED REALITY DI SMK LPI SEMARANG. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of Kartika Estiani Lestari.pdf] Text
Kartika Estiani Lestari.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Proses pembelajaran yang baik haruslah memuat aspek interaktif,
menyenangkan, menantang, memotivasi, dan memberikan ruang yang lebih bagi
siswa untuk dapat mengembangkan kreativitas dan kemandirian, sesuai dengan
bakat dan minat siswa. Media pembelajaran yang menarik juga sangat diperlukan
bagi siswa SMK, dikarenakan dalam pembelajaran SMK lebih mengutamakan
praktikum dari pada teori. Perlu dipertimbangkan dalam pemilihan media yaitu
dengan tujuan pembelajaran efektif, mudah diperoleh, penggunaan, biaya, dan
kualitas. Salah satu perkembangan media pembelajaran yang saat ini masih baru
adalah media pembelajaran menggunakan Augmented Reality. Penerapan
Augmented Reality ini diproyeksikan sebagai inovasi media pembelajarn yang
hakekatnya digunakan untuk menunjang proses pembelajaran. Metode yang
digunakan dalam penelitian ini adalah Research and Development (R&D) model
Borg and Gall. Kemudian diimplementasikan ke dalam bahasa pemrograman C#.
Pengujian aplikasi ini divalidasi oleh ahli media dan ahli materi dan memperoleh
kesimpulan sangat baik, dan hasil pengujian responden memperoleh hasil 84,09%
dan menunjukkan pengguna sangat puas dan layak digunakan.
Keywords: Augmented Reality, media pembelajaran, pengembangan

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Pendidikan Matematika Ilmu Pengetahuan Alam dan Teknologi Informasi > Pendidikan Teknologi Informasi
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 20 Nov 2024 03:15
Last Modified: 20 Nov 2024 03:15
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/8187

Actions (login required)

View Item
View Item