Syafitri, Puspandaru Aryani (2020) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN CONCEPT ATTAINMENT DAN MIND MAPPING BERBANTU ADOBE FLASH CS6 TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA SMK. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.
Puspandaru Aryani Syafitri.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (5MB)
Abstract
Proses pembelajaran yang kurang melibatkan siswa secara langsung dan siswa
yang pasif dalam proses pembelajaran membuat siswa kurang menguasai materi
pelajaran sehingga menyebabkan rendahnya pemahaman konsep siswa. Penelitian
ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran Concept
Attainment dan Mind Mapping berbantu Adobe Flash CS6 terhadap pemahaman
konsep siswa pada mata pelajaran matematika SMK. Populasi penelitian ini
adalah siswa kelas XI SMK Negeri 2 Semarang tahun pelajran 2019/2020.
Pengambilan sampel menggunakan teknik Cluster Random Sampling sehingga
didapat tiga kelas secara acak. Data diperoleh melalui hasil tes soal uraian
kemudian diolah dan diuji dengan uji ANAVA, uji Scheffe’, uji ketuntasan
belajar, dan uji regresi linear sederhana. Data hasil analisis menunjukkan bahwa:
(1) terdapat perbedaan kemampuan pemahaman konsep antara siswa yang
menggunakan model pembelajaran Concept Attainment, Mind Mapping berbantu
Adobe Flash CS6, dan model Konvensional , (2) kemapuan pemahaman konsep
siswa yang menggunakan model Concept Attainment berbantu Adobe Flash CS6
lebih baik dari siswa yang menggunakan model Konvensional, (3) kemapuan
pemahaman konsep siswa yang menggunakan model Mind Mapping berbantu
Adobe Flash CS6 lebih baik dari siswa yang menggunakan model Konvensional,
(4) tidak terdapat perbedaan kemampuan pemahaman konsep antara siswa yang
menggunakan model Concept Attainment berbantu Adobe Flash CS6 dengan
model Mind Mapping berbantu Adobe Flash CS6, (5) kemampuan pemahaman
konsep siswa yang menggunakan model Concept Attainment berbantu Adobe
Flash CS6 dan Mind Mapping berbantu Adobe Flash CS6 mencapai KKM, (6)
terdapat pengaruh keaktifan siswa terhadap kemampuan pemahaman konsep
siswa yang menggunakan model Concept Attainment berbantu Adobe Flash CS6
dan model Mind Mapping berbantu Adobe Flash CS6.
Kata Kunci : Model Concept Attainment, Mind Mapping¸ pemahaman konsep
matematika, dan Adobe Flash CS6
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Pendidikan Matematika Ilmu Pengetahuan Alam dan Teknologi Informasi > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 20 Nov 2024 03:09 |
Last Modified: | 20 Nov 2024 03:09 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/8178 |