HUBUNGAN PEMANFAATAN PERPUSTAKAAN SEKOLAH DENGAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS XI IPS SMA NEGERI 1 GODONG KABUPATEN GROBOGAN

Ariyanti, Deni (2019) HUBUNGAN PEMANFAATAN PERPUSTAKAAN SEKOLAH DENGAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS XI IPS SMA NEGERI 1 GODONG KABUPATEN GROBOGAN. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of DENI ARIYANTI.pdf] Text
DENI ARIYANTI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Deni Ariyanti “Hubungan Pemanfaatan Perpustakaan Sekolah dengan
Hasil Belajar Peserta Didik Mata Pelajaran Ekonomi: Studi Deskriptif Kelas XI
IPS SMA Negeri 1 Godong”, Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial dan
Keolahragaan, Universitas PGRI Semarang, 2019.
Penelitian ini dilatar belakangi oleh pemanfaatan perpustakaan sekolah
yang mempunyai pengaruh cukup kuat untuk hasil belajar peserta didik mata
pelajaran ekonomi. Ada beberapa masalah yang mendasari penelitian ini, meliputi
: 1) Cara peserta didik memanfaatkan perpustakaan sebagai sumber belajar mata
pelajaran ekonomi; 2) fasilitas yang harus ada dalam perpustakaan untuk
menunjang hasil belajar mata pelajaran ekonomi; 3) cara meningkatkan minat
baca materi pelajaran ekonomi peserta didik; 4) cara guru memanfaatkan
perpustakaan sebagai sumber belajar mata pelajaran ekonomi. Penelitian ini
bertujuan untuk mendeskripsikan hubungan perpustakaan sekolah dengan hasil
belajar mata pelajaran ekonomi kelas XI IPS.
Metode yang digunakan dalam penelitian menggunakan metode kualitatif.
Alat pengumpulan data dalam penelitian menggunakan teknik wawancara dan
dokumen. Lokasi penelitian dilakukan di SMA Negeri 1 Godong berlokasi di Jl.
Semarang Purwodadi km 37, Desa Manggarmas, Kecamatan Godong, Kabupaten
Grobogan, Jawa Tengah. Subyek penelitian ini yaitu Guru mata pelajaran,
Pengurus perpustakaan, Peserta didik kelas XI IPS SMA Negeri 1 Godong.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa SMA Negeri 1 Godong sudah
memanfaatan perpustakaan dengan baik dan guru memberikan motivasi,
sosialisasi serta mendidik mengarahkan peserta didik untuk memanfaatkan
perpustakaan agar hasil belajar mengalami kenaikan.
Kesimpulannya
yaitu
adanya
hubungan
yang
signifikan
antara
perpustakaan sekolah dengan hasil belajar mata pelajaran ekonomi hal ini
ditunjukan dengan sekolah sudah memberikan motivasi untuk memanfaatkan
perpustakaan sekolah sebagai sumber belajar dan pentingnya membaca buku
untuk menambah wawasan yang disampaikan oleh guru mata pelajaran ekonomi,
mengadakan lomba-lomba dan literasi, memberikan sosialisasi serta sekolah sudah
menyediakan perpustakaan dengan sarana dan prasarana yang cukup baik dan
memadai, sehingga dapat menjadikan hasil belajar siswa mengalami peningkatan.
Kata Kunci: Pemanfaatan Perpustakaan, Mata Pelajaran Ekonomi, Fasilitas
Dalam Perpustakaan, Cara
Meningkatkan minat
baca, Cara Guru
Memanfaatkan Perpustakaan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial dan Keolahragaan > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 20 Nov 2024 03:09
Last Modified: 20 Nov 2024 03:09
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/8177

Actions (login required)

View Item
View Item