LAKSANA, PUSPA FITRA (2020) KEEFEKTIFAN MEDIA VIDEO ANIMASI MITIGASI BENCANA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN TALKING STICK TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS V SDN KEMIREN KABUPATEN MAGELANG. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.
PUSPA FITRA LAKSANA.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (5MB)
Abstract
PUSPA FITRA LAKSANA. NPM 16120389 “Keefektifan Media Video
Animasi Mitigasi Bencana dengan Model Pembelajaran Talking Stick terhadap
Hasil Belajar Peserta Didik Kelas V SD N Kemiren Kabupaten Magelang”.
Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Universitas PGRI
Semarang. 2020.
Mitigasi bencana sangat diperlukan untuk menanggulangi bencana alam.
SD N Kemiren Magelang termasuk wilayah lereng Gunung Merapi, namun
peserta didik belum memahami pengetahuan kebencanaan dan mitigasi
bencananya sehingga perlu adanya pengetahuan tentang mitigasi bencana yang
dimasukkan dalam pembelajaran tematik. Penelitian ini bertujuan untuk
mengetahui apakah media video animasi mitigasi bencana dengan model
pembelajaran Talking Stick efektif terhadap hasil belajar peserta didik kelas V SD
N Kemiren Kabupaten Magelang.
Metode yang dilakukan oleh peneliti yaitu menggunakan metode
kuantitatif Pra-Experimental Designs (nondesigns) dengan bentuk penelitian One-
Group Pretest-Posttest Design yaitu dengan diawali kegiatan pretest diawal
pembelajaran untuk membandingkan kemampuan sebelum diberi materi dan
posttest sesudah diberi materi dengan menggunakan media Video Animasi
Mitigasi Bencana dengan Model Pembelajaran Talking Stick.
Penelitian ini dilakukan di kelas V SD N Kemiren Kabupaten Magelang.
Media yang digunakan dalam penelitian ini adalah video animasi yang dapat
memudahkan peserta didik dalam memahami materi kebencanaan dan
mitigasinya. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa : Media video animasi
mitigasi bencana dengan model pembelajaran talking stick efektif terhadap hasil
belajar kelas V SD Negeri Kemiren Kabupaten Magelang. Terdapat peningkatan
terhadap rata-rata nilai pretest sebesar 63,75 kemudian meningkat menjadi 79,25
dengan ketuntasan belajar klasikalnya sebesar 85%. Hal ini diperkuat pada
analisis tahap akhir dengan uji t diperoleh thitung = 8,614435223. Dari daftar
distribusi t dengan taraf signifikan 5% diperoleh ttabel = 2,023. Karena kriteria Ha
diterima apabila thitung > ttabel, maka dapat disimpulkan bahwa uji hipotesis statistik
Ha diterima, artinya penggunaan media video animasi mitigasi bencana dengan
model pembelajaran talking stick efektif meningkatkan hasil belajar peserta didik
kelas V SD N Kemiren Kabupaten Magelang.
Adapun saran yang diberikan berkaitan dengan penggunaan media video
animasi mitigasi bencana dengan model pembelajaran Talking Stick dapat
dijadikan guru sebagai inovasi pembelajaran yang aktif dan menyenangkan dalam
proses pembelajaran, serta membantu meningkatkan pemahaman peserta didik
tentang materi mitigasi bencana.
Kata kunci : Media video animasi mitigasi bencana, model pembelajaran talking
stick
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 20 Nov 2024 03:07 |
Last Modified: | 20 Nov 2024 03:07 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/8175 |