BANGKIT, JEAN RALA (2020) EFEKTIFITAS LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK MIND MAPP UNTUK MENINGKATKAN PERENCANAAN KARIR KELAS X JURUSAN MULTIMEDIA SMK NEGERI 11 SEMARANG. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.
Jean Rala Bangkit.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (7MB)
Abstract
Jean Rala Bangkit NPM 15110124: “Efektifitas Layanan Bimbingan
Kelompok dengan Teknik Mind Mapp untuk meningkatkan Perencanaan
Karir Siswa Kelas X Jurusan Multimedia SMK Negeri 11 Semarang” Skripsi.
Program Studi Bimbingan dan Konseling. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas
PGRI Semarang 2019.
Penelitian dilatar belakangi oleh banyaknya siswa yang memiliki masalah
kurang nya perencanaan karir yang ditandai : bingung untuk memilih perguruan
tinggi yang baik, bingung untuk melanjutkan kuliah atau bekerja, kebanyakan dari
siswa juga belum bisa menentukan pekerjaan apa yang sesuai dengan dirinya
serta, belum tahu cara untuk memasuki pekerjaan yang diinginkannya, kurangnya
pemahaman tentang karir yang sesuai dengan bakat dan minat yang dimiliki.
Masalah pokok yang dikaji dalam penelitian ini adalah Apakah Layanan
Bimbingan Kelompok dengan Teknik Mind Mapp efektif untuk meningkatkan
Perencanaan Karir Siswa Kelas X SMK Negeri 11 Semarang? Adapun tujuan
yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah mengetahui Efektifitas Layanan
Bimbingan Kelompok teknik Mind Mapp untuk Meningkatkan Perencanaan Karir
Siswa Kelas X Jurusan Multimedia SMK N 11 Semarang.
Jenis penelitian ini adalaha true experimental design dengan model pre-test
post-test control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X
Jurusan Multimedia SMK N 11 Semarang tahun. dengan jumlah 143 siswa. Kelas
X Multimedia 3 adalah kelas yang dipergunakan untuk tryout. Sampel dalam
penelitian yaitu 16 siswa kelas X Multimedia SMK N 11 Semarang yang diambil
dengan menggunakan teknik simple random sampling. Alat pengumpul data yang
dipergunakan adalah skala perencanaan karir.
Hasil perhitungan uji hipotesis diperoleh hasil thitung = 3.098 Selanjutnya
dikonsultasikan dengan ttabel taraf signifikan 5% (0,05) dengan db 15 yaitu sebesar
2.390. hal tersebut menunjukkan thitunng = 3.098 > ttabel = 2.390. atas dasar
perhitungan tersebut maka dapat disimpulkan “Layanan Bimbingan Kelompok
Teknik Mind Mapp Efektif Untuk Meningkatkan Perencanaan Karir Siswa kelas
X Jurusan Multimedia SMK N 11 Semarang” diterima keberadaannya pada taraf
signifikasi 5%.
Saran bagi guru BK hendaknya dapat menggunakan dan memanfaatkan
layanan bimbingan dan kelompok dengan teknik mind mapp untuk meningkatkan
Perencanaan Karir siswa. Bagi ssiwa dapat mengikuti layanan bimbingan
kelompok.
Kata kunci: Perencanaan karir, bimbingan kelompok, teknik mind mapp
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 20 Nov 2024 02:59 |
Last Modified: | 20 Nov 2024 02:59 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/8165 |