LESTARI, PUJI (2020) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN KOBELA TEMA DAERAH TEMPAT TINGGALKU SUBTEMA LINGKUNGAN TEMPAT TINGGALKU KELAS IV SEKOLAH DASAR. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.
PUJI LESTARI.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (3MB)
Abstract
PUJI LESTARI. NPM 16120440. “Pengembangan Media Pembelajaran
Kobela Tema Daerah Tempat Tinggalku Subtema Lingkungan Tempat Tinggalku
Kelas IV Sekolah Dasar”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar.
Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas PGRI Semarang. Dosen Pembimbing I Intan
Rahmawati, S.Pd., M.Pd., Dosen Pembimbing II Wawan Priyanto, S.Pd., M.Pd. 2020.
Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah minimnya penggunaan
media dalam proses pembelajaran. Hal tersebut disebabkan terbatasnya ketersediaan
media pembelajaran yang disediakan oleh pihak sekolah. Sehingga pendidik
menggunakan media pembelajaran yang hanya sekali pakai.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah 1) Bagaimanakah karakteristik
media kobela tema 8 daerah tempat tinggalku subtema 1 lingkungan tempat
tinggalku?, 2) Bagaimanakah kevalidan dan kepraktisan media kobela tema 8 daerah
tempat tinggalku subtema 1 lingkungan tempat tinggalku?. Tujuan yang hendak
dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan
karakteristik media kobela tema 8 daerah tempat tinggalku subtema 1 lingkungan
tempat tinggalku serta mengetahui dan menganalisis kepraktisan dan kevalidan media
kobela tema 8 daerah tempat tinggalku subtema 1 lingkungan tempat tinggalku.
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan atau
Research and Development (R&D) dengan tahapan pengembangan ADDIE, yaitu
analisis (analysis), desain (design), pengembangan (development), implementasi
(implementation), dan evaluasi (evaluation), namun penelitian hanya dilaksanakan
hingga tahap implementasi. Validasi media dilakukan oleh ahli media dan ahli materi.
Media yang dikembangakan diujicobakan pada 17 peserta didik SDN Tegalsari 01
Semarang. Data dalam penelitian ini diperoleh melalui wawancara dan angket.
Hasil kelayakan media dapat dilihat dari angket validasi ahli media yang
menunjukkan persentase sebanyak 88,75% yang termasuk dalam kriteria “Sangat
Layak” dan penilaian validasi ahli materi menunjukkan persentase sebanyak 90%
dengan kriteria “Sangat Layak”. Hasil kepraktisan media dapat dilihat dari angket
tanggapan pendidik dan angket tanggapan peserta didik. Angket tanggapan pendidik
menunjukkan persentase sebanyak 98,3% dengan kriteria “Sangat Layak” dan hasil
angket tanggapan peserta didik menunjukkan persentase sebanyak 97,89% dengan
kriteria “Sangat Layak”. Sehingga dapat disimpulkan bahwa media kobela layak,
valid, dan praktis untuk digunakan dalam pembelajaran tema 8 daerah tempat
tinggalku subtema 1 lingkungan tempat tinggalku kelas IV sekolah dasar.
Berdasarkan penelitian ini saran yang dapat disampaikan adalah supaya media
pembelajaran kobela dapat digunakan sebagai salah satu media pembelajaran
alternatif guru dalam mengajar.
Kata Kunci: Pengembangan, Media Pembelajaran Kobela, Pembelajaran Tematik
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 20 Nov 2024 02:58 |
Last Modified: | 20 Nov 2024 02:58 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/8163 |