EFEKTIFITAS LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK SOSIODRAMA UNTUK MENINGKATKAN ETIKA BERKOMUNIKASI SISWA KELAS VIII SMP PGRI 01 SEMARANG

LUFITA, DELA (2020) EFEKTIFITAS LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK SOSIODRAMA UNTUK MENINGKATKAN ETIKA BERKOMUNIKASI SISWA KELAS VIII SMP PGRI 01 SEMARANG. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of DELA LUFITA.pdf] Text
DELA LUFITA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

DELA LUFITA. NPM 13110189.“Efektifitas Layanan Bimbingan
Kelompok
dengan
Teknik
Sosiodrama
Untuk
Meningkatkan
Etika
Berkomunikasi Siswa Kelas VIII SMP PGRI 01 Semarang”.Drs. G. Rohastono
Ajie, S.Pd. selaku pembimbing I dan Heri Saptadi Ismanto, S.Pd., M.Pd.,
Kons selaku pembimbing II Program Studi Bimbingan dan Konseling.
Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas PGRI Semarang 2018.
Penelitian dilatar belakangi oleh siswa yang mempunyai kebiasaan
berkomunikasi kurang baik dilingkungan sekolah seperti berbicara kepada guru
kurang baik dan kurang enak di dengar,memanggil teman dengan panggilan yang
kurang baik, siswa yang saling mengejek satu sama lain, siswa tidak menghargai
saat guru sedang menjelaskan, berkata kotor yang seharusnya tidak pantas di
ucapkan oleh seorang pelajar.
Permasalahan yang dikaji dalam penelitian adalah efektifitas layanan
bimbingan kelompok dengan teknik sosiodrama untuk meningkatkan etika
berkomunikasisiswa. Tujuannya penelitian untuk mengetahui meningkatkan etika
berkomunikasi siswa melalui layanan bimbingan kelompok dengan teknik
sosiodrama pada siswa kelas VIII SMP PGRI 01 Semarang.
Jenis penelitian adalah kuantitatif. Populasi dalam penelitian adalah siswa
kelas VIII SMP PGRI 01 Semarang dengan jumlah siswa 192 siswa. Metode yang
digunakan adalah true eksperiment, sampel yang diambil sebanyak 30 siswa yang
dibagi menjadi dua kelompok yaitu kelompok kontrol dan kelompok eksperimen
dengan menggunakan teknik pengambilan sampel cluster random sampling. Data
dalam penelitian diperoleh melalui instrumen penelitian skala etika berkomunikasi
dengan empat alternatif jawaban. Hasil analisis dengan menggunakan t-test.
Penelitian yang digunakan adalah pretest-posttest control group design.
Uji validitas instrumen penelitian menggunakan rumus Product Moment,
dan dilanjutkan uji reliabilitas menggunakan rumus Alpha. Hasil uji validitas
instrumen diperoleh butir instrumen yang valid 36 butir dan 12 butir tidak valid
digugurkan dengan koefisien reliabilitas sebesar 0,320.
Berdasarkan hasil analisis data penelitian setelah mendapatkan perlakuan
layanan bimbingan kelompok dengan teknik sosiodrama, menunjukkan adanya
peningkatan etika berkomunikasi pada siswa kelas VIII SMP PGRI 01 Semarang.
Dari hasil pengajuan hipotesis menggunakan rumus t-test diperoleh thitungsebesar
2,117 sementara ttabeldengan taraf signifikan 5% (0,05) sebesar 2,048. Karena
thitung2,117, maka dapat disimpulkan bahwa “layanan bimbingan kelompok
dengan teknik sosiodrama efektif untuk meningkatkan etika berkomunikasi siswa
kelas VIII SMP PGRI 01 Semarang”.
Kata
kunci:Bimbingan
Kelompok,
Teknik
Sosiodrama,
Etika
Berkomunikasi.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 20 Nov 2024 02:56
Last Modified: 20 Nov 2024 02:56
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/8162

Actions (login required)

View Item
View Item