NUGRAHA, PRAWIDYA RIZKY (2020) KEEFEKTIFAN METODE SQ4R TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN SISWA KELAS V SD NEGERI SADENG 01 GUNUNGPATI. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.
PRAWIDYA RIZKY NUGRAHA.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
Abstract
Prawidya Rizky Nugraha. NPM 13120524. “Keefektifan Metode SQ4R
Terhadap Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa Kelas V SD Negeri Sadeng
01 Gunungpati”. Skripsi. Pembimbing I: Dwi Prasetyawati D.H M.Pd.,
Pembimbing II: Mei Fita Asri Untari, M.Pd. Semarang: Fakultas Ilmu Pendidikan.
November 2018.
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya keterampilan membaca
pemahaman kurang. Hasil belajar masih belum memuaskan. Keaktifan siswa
dalam pembelajaran masih kurang. Kurangnya perhatian siswa pada pembelajaran
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah metode SQ4R
efektif terhadap kemampuan membaca pemahaman siswa kelas V SD Negeri
Sadeng 01 Gunungpati ?.
Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Desain penelitian ini
adalah One Group Pre Test and Post Test. Data penelitian ini berupa hasil belajar
pesesrta didik kelas V SD Negeri Sadeng 01 Gunungpati yang berjumlah 26
pesesrta didik yang dianalisis dengan menggunakan rumus uji t.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa hasil perhitungan
uji t diperoleh thitung = 5,027. Dari daftar distribusi t dengan dk = n -1 = 26 – 1 =
25 diperoleh 2,06. Karena 5,027 > 2,06 maka Ho ditolak, sehingga dapat
disimpulkan bahwa ada keefektifan metode SQ4R terhadap kemampuan membaca
pemahaman siswa kelas V SD Negeri Sadeng 01 Gunungpati.
Saran yang dapat diambil dalam penelitian ini adalah Guru dalam
melaksanakan penilaian memperhatikan model pembelajaran SQ4R yang
digunakan sehingga dapat meningkatkan hasil belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 20 Nov 2024 02:55 |
Last Modified: | 20 Nov 2024 02:55 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/8161 |