MAYADAH, PRANANING MEISYA (2020) KEEFEKTIFAN PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR SERI DALAM PEMBELAJARAN MENULIS TEKS PUISI PADA PESERTA DIDIK KELAS X SMK TLOGOSARI SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2018/2019. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.
Prananing Meisya M.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (6MB)
Abstract
Prananing Meisya Mayadah NPM 15410226. “Keefektifan Penggunaan
Media Gambar Seri dalam Pembelajaran Menulis Teks Puisi pada Peserta Didik
Kelas X SMK Tlogosari Semarang Tahun Pelajaran 2018/2019”. Skripsi Fakultas
Pendidikan Bahasa dan Seni Universitas PGRI Semarang, Pembimbing I Dr.
Ngatmini, M. Pd.., dan Pembimbing II Ahmad Rifai, S.Pd., M.Pd., Agustus 2019.
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh 1.) peserta didik mengalami kesulitan
dalam menulis teks puisi, 2.) kurangnya penggunaan media dalam pembelajaran
gambar seri dalam pembelajaran menulis teks puisi kelas X SMK Tlogosari
Semarang.
Adanya permasalahan di atas perlu adanya upaya penggunaan media dalam
pembelajaran menulis teks puisi kelas X SMK Tlogosari Semarang. Adanya
upaya penggunaan media pembelajaran dapat memberikan keefektifan dalam
proses pembelajaran.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah penggunaan media
gambar seri efektif dalam pembelajaran menulis puisi pada peserta didik kelas X
SMK Tlogosari Semarang tahun pelajaran 2018/ 2019? Penelitian ini memiliki
tujuan untuk mengetahui keefektifan media gambar seri dalam pembelajaran
menulis teks puisi pada peserta didik kelas X SMK Tlogosari Semarang tahun
pelajaran 2018/2019.
Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan metode
eksperimen. Hasil data yang digunakan dalam penelitian ini adalah hasil tes
peserta didik dalam menulis teks puisi. Populasi yang digunakan dalam penelitian
ini adalah kelas X SMK Tlogosari Semarang, dengan menggunakan sampel kelas
X TO 3 sebagai kelas eksperimen dan X TO 4 sebagai kelas Kontrol. Penelitian
ini menggunakan uji t sebagai teknik analisis data.
Berdasarkan data di atas maka hasil perhitungan uji t didapatkan nilai thitung
= 4,757 selanjutnya dibandingkan dengan ttabel, ttabel dapat dihitung dengan
menggunakan rumus N1 + N2– 2 maka 34 + 34 – 2 = 66, dk=66 dengan taraf
signifikan 5% didapatkan ttabel= 1,99495 dengan begitu thitung 4.757 > ttabel 1,99495
maka hipotesis alternatif diterima, dengan begitu dapat dikatakan efektif.
Berdasarkan data di atas maka hasil perhitungan uji t didapatkan nilai thitung =
4,757 selanjutnya dibandingkan dengan ttabel, ttabel dapat dihitung dengan
menggunakan rumus N1 1 maka 34
33, dk=33 dengan taraf signifikan 1%
didapatkan ttabel= 2,733 dengan begitu thitung 4.757 > ttabel 2,733 maka hipotesis
alternatif diterima, dengan begitu dapat dikatakan efektif. Dengan demikian
penggunaan media gambar seri dalam menulis teks puisi pada peserta didik kelas
X SMK Tlogosari Semarang sangat efektif.
Kata Kunci: Media Pembelajaran, media gambar seri, menulis, teks puisi.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Pendidikan Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 20 Nov 2024 02:53 |
Last Modified: | 20 Nov 2024 02:53 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/8160 |