PENERAPAN PENDIDIKAN KARAKTER TANGGUNG JAWAB UNTUK MENINGKATKAN KESADARAN SISWA MELALUI BUDAYA SABTU BERSIH DI SDN PLEBURAN 03 SEMARANG

HAPSARI, PRAMUDITA TYAS (2020) PENERAPAN PENDIDIKAN KARAKTER TANGGUNG JAWAB UNTUK MENINGKATKAN KESADARAN SISWA MELALUI BUDAYA SABTU BERSIH DI SDN PLEBURAN 03 SEMARANG. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.

[thumbnail of PRAMUDITA TYAS HAPSARI.pdf] Text
PRAMUDITA TYAS HAPSARI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Pramudita Tyas Hapsari. NPM 16120256. “Penerapan pendidikan karakter
tanggung jawab untuk meningkatkan kesadaran siswa melalui budaya sabtu bersih
di SDN Pleburan 03 Semarang”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah
Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas PGRI Semarang. Sunan Baedowi,
S.H.I.,M.S.I dan Qoriati Mushafanah, S.Pd.M.Pd. September 2020.
Sekolah merupakan salah satu tempat yang efektif bagi pembentukan
karakter seseorang. Sejak dahulu, sekolah telah memiliki tujuan utama dala
bidang pendidikan yaitu membentuk manusia yang cerdas dan juga memiliki
watak dan karakter yang baik. Latar belakang yang mendorong penelitian ini
adalah kurangnya kesadaran siswa akan tanggung jawabnya. Hal tersebut
disebabkan kurangnya pembentukan karakter dalam membentuk karakter siswa.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana penerapan pendidikan
karakter tanggung jawab untuk meningkatkan kesadaran siswa melalui budaya
sabtu bersih di SD Negeri Pleburan 03 Semarang? Tujuan yang hendak dicapai
dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan pendidikan karakter
tanggung jawab untuk meningkatkan kesadaran siswa melalui budaya sabtu bersih
di SD Negeri Pleburan 03 Semarang.
Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian adalah
kepala sekolah, guru, siswa, dan orang tua SD Negeri Pleburan 03 Semarang.
Objek penelitian ini adalah penerapan pendidikan karakter tanggung jawab untuk
meningkatkan kesadaran siswa melalui budaya sabtu bersih. Penelitian ini
menggunakan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan
dokumentasi. Analisis data menggunakan teknik analisis Miles dan Huberman
(reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan). Uji keabsahan data
menggunakan triangulasi teknik dan sumber.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pendidikan karakter
tanggung jawab untuk meningkatkan kesadaran siswa melalui budaya sabtu bersih
di SD Negeri Pleburan 03 Semarang sudah berjalan dengan baik, dimana siswa
melakukan tanggung jawab yang berkaitan dengan pendidikan karakter melalui
budaya sabtu bersih di sekolah yang mereka tetap lakukan di saat pandemi dan
diimplementasikan di rumah. Hal ini dilihat dari hasil observasi dan wawancara
yang dilakukan peneliti. Melalui budaya sabtu bersih adalah salah satu cara
menumbuhkan kesadaran siswa akan tanggung jawabnya serta dilakukannya
pembiasaan-pembiasaan lain yang mendukung seperti pembiasaan upacara, apel
pagi, senam, shalat dhuhur, membuang sampah pada tempatnya, mengerjakan
tugas dengan tepat waktu yang bertujuan untuk menumbuhkan kesadaran siswa
akan tangggung jawabnya dan melakukannya atas dasar kemauan diri sendiri dan
bukan paksaan dari orang lain.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 20 Nov 2024 02:51
Last Modified: 20 Nov 2024 02:51
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/8159

Actions (login required)

View Item
View Item