PENERAPAN MEDIA MUSIK IRAMA MELAYU TERHADAP MINAT SISWA DALAM MATERI SENAM RITMIK PADA PEMBELAJARAN PENJASORKES SISWA KELAS VIII SMP N 1 KEDUNGWUNI

Ikhsan, Izzul (2020) PENERAPAN MEDIA MUSIK IRAMA MELAYU TERHADAP MINAT SISWA DALAM MATERI SENAM RITMIK PADA PEMBELAJARAN PENJASORKES SISWA KELAS VIII SMP N 1 KEDUNGWUNI. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of Izzul Ikhsan.pdf] Text
Izzul Ikhsan.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Izzul Ikhsan.“Penerapan media musik irama melayu terhadap minat siswa dalam
materi senam ritmik pada pembelajaran penjasorkes siswa kelas VIII SMP N 1
Kedungwuni”.Pendidikan
Ilmu
Pengetahauan
Sosial
dan
Keolahragaan
Universitas PGRI. Semarang. 2019.
Latar belakang dari penelitian ini adalah untuk menarik minat siswa dalam
mengikuti pembelajaran senam ritmik, diperlukan variasi dalam penerapan
pembelajaran, maka perlu adanya penerapan media musik irama melayu untuk
membuat siswa tertarik mengikuti pembelajaran senam ritmik. Rumusan masalah
ini adalah apakah penerapan media musik irama melayu dapat meningkatkan
minat siswa kelas VIII di SMP Negeri 1 Kedungwuni dalam pembelajaran
penjasokes pada materi senam ritmik ?. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui
seberapa besar minat siswa kelas VIII dalam pembelajaran senam ritmik dengan
menggunakan media musik irama melayu di SMP Negeri 1 Kedungwuni
Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, yang menggunakan
disain penelitian quasi experimental design, dimana terdapat kelas experiment dan
control. Desain dari penelitian ini adalah nonequivalent control group design.
Populasinya adalah Siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Kedungwuni, sampelnya
berjumlah 59 siswa yang terdiri dari 28 siswa kelas VIII B dan 31 siswa kelas VIII
H. Teknik penarikan sampel dalam penelitian ini menggunakan sampling
purposive. Variabel bebas penelitian adalah musik dangdut, dan terikat minat
siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan angket.
Hasil penelitian ini diperoleh untuk kelas kontrol (VIII H) yang tidak
diberikan perlakuan yaitu rata-rata hasil pretest (tes awal) sebesar 67,643
(49,87%) dan rata-rata hasil posttest sebesar 68 (50,13%) . Dimana dari data
pretest ke posttest untuk kelas kontrol terdapat kenaikan yang kecil yaitu 0,26%.
Sedangkan untuk kelas eksperimen yang diberikan perlakuan dengan media musik
iringan melayu, diperoleh data hasil pretest (tes awal) sebesar 68,935 (48,59%)
dan data hasil posttest (tes akhir) sebesar 72,935 (51,41%). Sehingga terjadi
kenaikan minat siswa dari hasil pretest ke posttest sebesar 2,82%. Oleh karena itu
dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh pemberian media musik iringan
melayu terhadap peningkatan minat siswa terhadap pembelajaran senam ritmik
kelas VIII di SMP 1 Kedungwuni dengan besar peningkatannya yaitu 2,82%.
Simpulan dari penelitian adalah, terdapat peningkatan minat pada siswa
kelas eksperimen, peningkatan ini terlihat lebih signifikan dibandingkan dengan
peningkatan pada kelas control. Hal ini diketahui dari persentase masing-masing
nilai angket yang menunjukan peningkatan. Saran dari penelitian ini adalah untuk
guru penjas diharapkan dapat menerapkan berbagai model pembelajaran yang
cocok untuk siswa.
Kata kunci: Media musik iringan melayu, minat siswa, senam ritmik, penjasorkes.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial dan Keolahragaan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 20 Nov 2024 02:56
Last Modified: 20 Nov 2024 02:56
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/8152

Actions (login required)

View Item
View Item