PENGARUH PENERAPAN METODE HYPNOTEACHINGTERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN PENJAS DI SMP N 14 SEMARANG

Rukmana, Prabawati Hendra (2020) PENGARUH PENERAPAN METODE HYPNOTEACHINGTERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN PENJAS DI SMP N 14 SEMARANG. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.

[thumbnail of PRABAWATI HENDRA RUKMANA.pdf] Text
PRABAWATI HENDRA RUKMANA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Prabawati Hendra Rukmana. Pengaruh Penerapan Metode Hypnoteaching
Terhadap Motivasi Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Penjas Di SMP N 14
Semarang. Skripsi Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial dan
Keolahragaan Universitas PGRI Semarang 2019.
Latar belakang penelitian ini adalah berdasarkan hasil obervasi dan
wawancara yang dilakukan di SMP Negeri 14 Semarang ketika pembelajaran
penjaskes kelas VIII. Pada observasi tersebut ditemukan bahwa dalam
pembelajaran penjas terkesan belum efektif. Hal ini dikarenakan siswa sering
berbicara sendiri dan tidak memperhatikan apa yang disampaikan oleh
gurunya.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengharuh penerapan
metode hypnoteaching terhadap motivasi belajar siswa dalam pembelajaran di
SMP Negeri 14 Semarang. Penelitian ini merupakan eksperimen semu dengan
metode penelitian menggunakan design pretest - posttest only control design
group . teknik sampling yang digunakan adalah teknik sampling purposive.
Kriteria yang dinilai untuk mendapatkan sampel adalah kelas yang memiliki jam
pelajaran ke – 4 dan hasil angket observasi yang masih rendah. Maka sampel yang
didapat dari penelitian ini adalah siswa kelas VIII E dan siswa kelas VIII H SMP
Negeri 14 Semarang. Setelah itu kelompok eksperimen di berikan perlakuan dan
kelompok kontrol tidak mendapatkan perlakuan.
Berdasarkan hasil angket terdapat pengaruh metode hypnoteaching
terhadap motivasi belajar siswa, hal tersebutk dapat dijelaskan bahwa pada kelas
kontrol yang menggunakan metode konvensional, skor tertinggi adalah 81 dan
skor terendah adalah 64 dengan nilai rata – rata 72,75. Pada kelas eksperimen
yang menggunakan metode hypnoteaching memiliki skor tertinggi 85,5 dan skor
terendah adalah 68,5 dengan nilai rata – rata 75,5.
Pembelajaran dengan menggunakan metode hypnoteaching memilki rata –
rata motivasi belajar lebih tinggi dibandingkan dengan metode konvensional.
Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penerapan metode
hypnoteaching pada pembelajaran penjas di SMP Negeri 14 Semarang. Bagi guru
penjas dapat disarankan agar model pembelajaran hypnoteaching dapat dijadikan
sebagai salah satu model pembelajaran alternatif untuk meningkatkan motivasi
siswa dalam pembelajaran agar siswa semangat dalam mengikuti pembelajaran.
Kata Kunci : Pembelajaran, Pendidikan Jasmani, Metode Pembelajaran,
Hypnoteaching, Motivasi Belajar.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial dan Keolahragaan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 20 Nov 2024 02:41
Last Modified: 20 Nov 2024 02:41
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/8151

Actions (login required)

View Item
View Item