ANALISIS KESALAHAN PENERAPAN KATA BAKU DAN TANDA BACA DALAM MENULIS KEMBALI ISI CERITA FABEL SUBTEMA 1 MANUSIA DAN LINGKUNGAN KELAS V SD NEGERI PANDEAN LAMPER 04

RAHMAWATI, ITSNA AYU (2020) ANALISIS KESALAHAN PENERAPAN KATA BAKU DAN TANDA BACA DALAM MENULIS KEMBALI ISI CERITA FABEL SUBTEMA 1 MANUSIA DAN LINGKUNGAN KELAS V SD NEGERI PANDEAN LAMPER 04. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of ITSNA AYU RAHMAWATI.pdf] Text
ITSNA AYU RAHMAWATI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

ITSNA AYU RAHMAWATI. NPM 15120343. “Analisis Kesalahan Penerapan
Kata Baku dan Tanda Baca dalam Menulis Kembali Isi Cerita Fabel Subtema 1
Manusia dan Lingkungan Kelas V SD Negeri Pandean Lamper 04”. Skripsi.
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan
Universitas PGRI Semarang. Pembimbing I Mudzanatun, S.Pd., M.Pd.
Pembimbing II Ibnu Fatkhu Royana, S.Pd., M.Pd. 2019.
Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah saat kegiatan
menulis, siswa menulis tidak menggunakan kata baku dan tanda baca yang tepat.
Dalam hasil tulisan siswa banyak ditemukan kesalahan penerapan kata baku dan
tanda baca. Hal tersebut menyebabkan hasil tulisan siswa sulit dibaca dan
dipahami, selain itu juga dapat menimbulkan makna ganda.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana kesalahan penerapan
kata baku dan tanda baca dalam menulis kembali isi cerita fabel subtema 1
manusia dan lingkungan kelas V SD Negeri Pandean Lamper 04? Tujuan yang
hendak dicapai dalam penelitian ini adalah 1) untuk mengetahui bentuk kesalahan
kata baku dalam menulis kembali isi cerita fabel subtema 1 manusia dan
lingkungan kelas V SD Negeri Pandean Lamper 04, 2) untuk mengetahui bentuk
kesalahan tanda baca dalam menulis kembali isi cerita fabel subtema 1 manusia
dan lingkungan kelas V SD Negeri Pandean Lamper 04.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. Subyek
penelitian adalah siswa kelas V SD Negeri Pandean Lamper 04. Prosedur
pengumpulan data yang digunakan adalah hasil tulisan siswa, angket, dan
wawancara.
Berdasarkan hasil penelitian banyak ditemukan kesalahan penerapan kata
baku dan tanda baca dalam hasil tulisan siswa. Kesalahan penerapan kata baku
berjumlah 233 kata. Kesalahan penerapan tanda baca berjumlah 180 kesalahan.
Hal tersebut sesuai dengan hasil angket yang diperoleh bahwa, siswa jarang
menerapkan kata baku dan tanda baca di sekolah, di rumah, dan dalam kehidupan
sehari-hari. Selain itu juga sesuai dengan hasil wawancara guru bahwa siswa
menulis tidak menggunakan kata baku dan tanda baca yang tepat.
Saran guru hendaknya melatih dan membiasakan siswa menulis
menggunakan kata baku dan tanda baca yang benar sesuai aturan. Siswa lebih
baik jika memiliki buku pedoman ejaan bahasa Indonesia (EBI) agar mengenal
dan mengetahui ejaan bahasa Indonesia.
Kata kunci: kesalahan, penerapan, kata baku dan tanda baca.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 20 Nov 2024 02:34
Last Modified: 20 Nov 2024 02:34
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/8145

Actions (login required)

View Item
View Item