Febri, Dawanti Liana (2019) PENGEMBANGAN APLIKASI PEMBELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM DI SEKOLAH DASAR BERBANTUAN AUGMENTED REALITY. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.
Dawanti Liana Febri.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (5MB)
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh sulitnya memahami pelajaran IPA
terutama pada materi fotosintesis yang telah diberikan pada jenjang sekolah dasar.
Teknologi yang berkembang dapat dimanfaatkan dengan tepat agar bisa membantu
dalam pembuatan media pembelajaran, misalnya aplikasi berbantuan Augmented
Reality. Maka dikembangkanlah aplikasi pembelajaran IPA di sekolah dasar
berbantuan Augmented Reality untuk pelajaran IPA khususnya materi fotosintesis.
Tujuan dari penelitian ini adalah mengembangkan aplikasi Augmented
Reality yang valid, praktis dan efektif digunakan sebagai alat bantu dalam proses
pembelajaran. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode
waterfall dengan tahapan yaitu Requirement Analysis, System Design,
Implementation, Integration and System Testing, dan Operation and Maintenance.
Desain sistem meliputi user interface dan use case.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil validasi ahli dengan rata-rata
persentase oleh ahli media sebesar 81,33% dan ahli meteri sebesar 84% sehingga
dapat disimpulkan bahwa aplikasi Augmented Reality sangat valid. Hasil angket
respon guru sebesar 88,93% dan respon siswa sebesar 98,83% yang artinya sangat
baik sehingga dapat disimpulkan bahwa aplikasi Augmented Reality praktis
digunakan. Berdasarkan pengambilan keputusan melalui nilai signifikansi
diperoleh t(0,05;42) = 2,015 dimana DK = {t│t > 2,015} dan t= 4,241 ∈ DK maka
H0 ditolak, dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar siswa.
Dilihat dari rata-rata nilai kelas eksperimen sebesar 73,64 lebih tinggi dari kelas
kontrol sebesar 69,67. Sehingga dapat disimpulkan bahwa game edukasi ini efektif
digunakan.
Kata Kunci : Aplikasi, Augmented Reality, media pembelajaran
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Pendidikan Matematika Ilmu Pengetahuan Alam dan Teknologi Informasi > Pendidikan Teknologi Informasi |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 20 Nov 2024 02:33 |
Last Modified: | 20 Nov 2024 02:33 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/8144 |