PENGARUH KARTU KUARTET DALAM MODEL PEMBELAJARAN STAD TERHADAP HASIL BELAJAR TEMATIK SISWA KELAS V SD NEGERI 04 PETARUKAN.

ISTIKHOLAH, - (2020) PENGARUH KARTU KUARTET DALAM MODEL PEMBELAJARAN STAD TERHADAP HASIL BELAJAR TEMATIK SISWA KELAS V SD NEGERI 04 PETARUKAN. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of ISTIKHOLAH.pdf] Text
ISTIKHOLAH.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ISTIKHOLAH, NPM 15120267. “Pengaruh Kartu Kuartet dalam Model
Pembelajaran STAD Terhadap Hasil Belajar Tematik Siswa Kelas V SD Negeri 04
Petarukan”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas
Ilmu Pendidikan. Universitas PGRI Semarang 2019.
Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah hasil belajar siswa yang
masih belum mencapai nilai kriteria ketuntasan minimal (KKM) yaitu 70,. Dari 40
siswa ada 65% siswa yang mendapatkan nilai <70, sedangkan 35% siswa
mendapatkan nilai ≥70.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah Bagaimanakah pengaruh media kartu
kuartet dalam model pembelajaran STAD terhadap hasil belajar siswa tema Udara
Bersih Bagi Kesehatan Subtema Pentingnya Udara Bersih Bagi Kesehatan kelas V
SD Negeri 04 Petarukan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan
menganilisis pengaruh Media kartu kuartet dalam model pembelajaran Student
Teams Achievement Divisions (STAD) terhadap hasil belajar siswa tema
lingkungan sahabat kita subtema manusia dan lingkungankelas V SDNegeri04
Petarukan.
Jenis penelitian ini adalah pre-eksperimental design dengan model one
grouppretest-posttest design. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa
kelas V SDN 04 Petarukan. Sampel yang diambil adalah semua siswa kelas V
SDN 04 Petarukan yang berjumlah 40 siswa. Semua anggota populasi
menggunakan sampling total (Sensus). Data dalam penelitian ini diperoleh dengan
wawancara, tes, observasi dan dokumentasi.
Berdasarkan hasil perhitungan uji hipotesis diperoleh thitung>ttabel yaitu
7,718>2,020 sehingga Ho ditolak dan Ha artinya ada perbedaan rata-rata yang
signifikan hasil belajar kognitif siswa pada pretest dan posttest. Berdasarkan hasil
perhitungan diperoleh gain 0,47 artinya siswa mengalami peningkatan hasil
belajar dengan kategori sedang. Hasil belajar pretest-posttes siswa menunjukkan
kenaikan ketuntasan belajar sebesar 50%. Berdasarkan hasil belajar nilai rata-rata
posttest 77,3 dengan siswa yang mencapai ketuntasan berjumlah 31 siswa atau
77,5% sedangkan nilai rata-rata pretest 57,90 dengan siswa yang mencapai
ketuntasan berjumlah 11 siswa atau 27,5%.
Berdasarkan penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penggunaan media kartu
kuartet dalam model pembelajaran STAD dapat membuat siswa lebih aktif dan
termotivasi dalam pembelajaran. Selain itu, dengan menggunakan media kartu
kuartet dalam model pembelajaran STAD dapat meningkatkan hasil belajar
tematik siswa kelas V SD Negeri 04 Petarukan.
Kata Kunci: Kartu Kuartet, STAD, Hasil Belajar, Pembelajaran Tematik.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 20 Nov 2024 02:32
Last Modified: 20 Nov 2024 02:32
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/8143

Actions (login required)

View Item
View Item