ANALISIS KESALAHAN EJAAN PADA TEKS LAPORAN HASIL OBSERVASI KARYA PESERTA DIDIK KELAS X SMA NEGERI 1 MAYONG JEPARA TAHUN PELAJARAN 2018/2019

ELFAHMI, DARUS SHAFI (2019) ANALISIS KESALAHAN EJAAN PADA TEKS LAPORAN HASIL OBSERVASI KARYA PESERTA DIDIK KELAS X SMA NEGERI 1 MAYONG JEPARA TAHUN PELAJARAN 2018/2019. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of DARUS SHAFI ELFAHMI.pdf] Text
DARUS SHAFI ELFAHMI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Darus Shafi Elfahmi. 15410112. “Analisis Kesalahan Ejaam Teks
Laporan Hasil Observasi Peserta Didik Kelas X SMAN 1 Mayong Jepara Tahun
Pelajaran 2018/2019” Skripsi Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra
Indonesia Fakultas Pendidikan Bahasa dan Seni Universitas PGRI Semarang.
Pembimbing I Nanik Setyawati, S.S., M.Hum. dan Pembimbing II Mukhlis, S.Pd.,
M.Pd.
Kata kunci: analisis, kesalahan ejaan, teks laporan hasil observasi
Penelitian ini dilatarbelakangi kurangnya pemahaman akan ketidaktepatan
peserta didik kelas X SMAN 1 Mayong Jepara terhadap penggunaan ejaan bahasa
Indonesia sehingga mengakibatkan banyak terjadi kesalahan dalam penulisan.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana wujud kesalahan
ejaan teks laporan hasil observasi peserta didik kelas X SMAN 1 Mayong Jepara
Tahun Pelajaran 2018/2019? Adapun tujuan dari penelitian ini yaitu untuk
mendeskripsikan dan mengklasifikasikan bentuk kesalahan penggunaan ejaan
yang terdapat dalam teks laporan hasil observasi peserta didik kelas X SMAN 1
Mayong Jepara 2018/2019, mendeskripsikan kesalahan ejaan yang seringkali
dilakukan peserta didik dalam teks hasil observasi tersebut.
Jenis Penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Metode penyediaan data
dalam penelitian ini adalah metode simak. Metode simak memiliki teknik dasar
yang diwujudkan dengan penyadapan. Akan tetapi, dalam penelitian ini, peneliti
hanya menyimak, mengamati teks laporan hasil observasi peserta didik, yaitu
dengan menganalisis kesalahan ejaan pada teks laporan hasil observasi tersebut.
Data dalam penelitian ini berupa penggalan teks laporan hasil observasi peserta
didik yang di dalamnya terdapat kesalahan ejaan. Analisis data dalam penelitian
ini menggunakan metode agih, yang alat penentunya merupakan bagian dari
bahasa itu sendiri. Teknik dasar dalam metode penelitian ini adalah teknik bagi
unsur langsung. Teknik bagi unsur langsung dilaksanakan pada awal kerja
analisis, dengan membagi satuan lingual datanya menjadi beberapa bagian atau
unsur.
Berdasarkan hasil analisis ditemukan adanya kesalahan ejaan dalam
penggunaan huruf kapital, penulisan tanda baca titik, penulisan tanda baca koma,
penulisan akronim dan singkatan dalam teks laporan hasil observasi karya peserta
didik kelas X SMAN 1 Mayong Jepara 2018/2019.
Saran yang dapat disampaikan oleh penulis adalah pendidik harusnya
memberikan pengetahuan dasar mengenai tata cara penulisan dan penggunaan
ejaan supaya dapat meminimalisasi kesalahan penulisan ejaan. Peserta didik lebih
cermat dan teliti mengenai kaidah-kaidah dalam penggunaan ejaan bahasa
Indonesia.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Pendidikan Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 20 Nov 2024 02:26
Last Modified: 20 Nov 2024 02:26
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/8135

Actions (login required)

View Item
View Item