KEEFEKTIFAN MEDIA RODA PECAHAN BERBANTU MODEL REALISTIC MATHEMATIC EDUCATION (RME) PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS 3 SD NEGERI KLEGO 04 KOTA PEKALONGAN

ARINTASARI, ISNA ZULFA (2020) KEEFEKTIFAN MEDIA RODA PECAHAN BERBANTU MODEL REALISTIC MATHEMATIC EDUCATION (RME) PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS 3 SD NEGERI KLEGO 04 KOTA PEKALONGAN. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of Isna Zulfa.pdf] Text
Isna Zulfa.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Isna Zulfa Arintasari. NPM 15120265. “Keefektifan Media Roda Pecahan
Berbantu Model Realistic Mathematic Education (RME) Pada Mata Pelajaran
Matematika Kelas 3 SD Negeri Klego 04 Kota Pekalongan”, Skripsi, Program
Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas
PGRI Semarang. Universitas PGRI Semarang. Pembimbing I Intan Rahmawati, S.
Pd M.Pd. Pembimbing II Sukamto, S. Pd., M.Pd. Mei 2019.
Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah rendahnya keaktifan
dan hasil belajar matematika peserta didik. Hal tersebut disebabkan kurangnya
pembelajaran yang efekitf dalam mengoptimalkan keaktifan dan hasil belajar
peserta didik.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah (1) Apakah ada perbedaan hasil
belajar matematika sebelum dan sesudah menggunakan model Realistic
Mathematic Education (RME) berbantu media roda pecahan?, (2) Bagaimana
keaktifan peserta didik saat menggunakan medel Realistic Mathematic Education
(RME) berbantu media roda pecahan?, (3) Apakah hasil belajar peserta didik
sudah mencapai ketuntasan (KKM)? Tujuan yang hendaknya dicapai dalam
penelitian ini adalah untuk mengetahui Keefektifan media roda pecahan berbantu
model Realistic Mathematic Education (RME) pada mata pelajaran matematika
kelas 3 di SD Negeri Klego 04 Kota Pekalongan dilihat pada ketuntasan belajar
dan hasil belajar.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dalam bentuk desain One
Group Pretest-Posttest Design. Populasi penelitian ini adalah seluruh peserta
didik kelas 3 SD Negeri Klego 04 Kota Pekalongan. Sampel yang diambil adalah
26 peserta didik kelas 3 dengan menggunakan Simple Random Sampling. Data
dalam penelitian ini diperoleh melalui tes, dokumentasi dan observasi.
Hasil analisis observasi peserta didik menunjukan bahwa presentase
ketuntasan belajar klasikal posttest (96,15%) lebih presentase ketuntasan belajar
klasikal pretest (46,15%), serta berdasarkan hasil uji t hasil belajar diketahui thitung
lebih dari ttabel (10,815 > 1,675). Kesimpulannya bahwa media roda pecahan
berbantu model Realistic Mathematic Education (RME) efektif terhadap hasil
belajar pada mata pelajaran matematika.
Beradasarkan hasil penelitian ini saran yang dapat disampaikan adalah
media roda pecahan berbantu model Realistic Mathematic Education (RME)
dapat digunakan sebagai salah satu alternative guru dalam mengajar khususnya
pada materi pecahan
Kata Kunci : Keefektifan, Media Roda Pecahan, Model Realistic Mathematic
Education (RME), Hasil Belajar.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 20 Nov 2024 02:24
Last Modified: 20 Nov 2024 02:24
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/8131

Actions (login required)

View Item
View Item