DAYA TANGKAP SISWA SD DAN ORANGTUA TERHADAP NILAI KARAKTER FILM ANIMASI KUBO AND THE TWO STRINGS

PRIHATININGTYAS, ISNA (2020) DAYA TANGKAP SISWA SD DAN ORANGTUA TERHADAP NILAI KARAKTER FILM ANIMASI KUBO AND THE TWO STRINGS. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of ISNA PRIHATININGTYAS.pdf] Text
ISNA PRIHATININGTYAS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Isna Prihatiningtyas. NPM 16120489 “Daya Tangkang Siswa SD dan Orangtua
Terhadap Nilai Karakter Film Animasi Kubo and the Two Strings”. Skripsi, Fakultas
Ilmu Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Dosen Pembimbing I Singgih Adhi Prasetyo,
S.Sn., M.Pd dan Dosen Pembimbing II Ari Widyaningrum, S.Pd., M.Pd Universitas
PGRI Semarang 2020.
Penelitian ini dilatar belakangi oleh penyimpangan moral pada anak-anak usia
sekolah dasar sehingga perlu adanya pendidikan karakter. Nilai-nilai pendidikan karakter
diperlukan untuk membekali mereka dalam menghadapi kehidupan bermasyarakat agar
menjadi manusia yang berakhlak. Pendidikan karakter dapat diajarkan pada anak sekolah
dasar melalui film berkarakter, namun tetap dalam pengawasan orang tua dan guru dalam
menonton tayangan televisi.
Penelitian ini difokuskan untuk mengkaji 18 nilai-nilai karakter yang ada pada
film animasi Kubo and the Two Strings. Tujuan penelitian yaitu untuk mendeskripsikan
nilai-nilai karakter yang terdapat dalam film animasi Kubo and the Two Strings.
Jenis penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Data dalam penelitian berupa
hasil analisis film animasi Kubo and the Two Strings serta hasil wawancara dan
observasi. Keabsahan data dalam penelitian ini meliputi perpanjangan pengamatan,
peningkatan ketekunan, triagulaasi, dan diskusi teman sejawat.
Dari penelitian yang dilakukan diperoleh hasil jika film animasi Kubo and the
Two Strings memiliki nilai-nilai karakter sebanyak 13 Nilai Karakter tersebut adalah
Nilai Karakter Religius, Nilai Karakter Jujur, Nilai Karakter Toleransi, Nilai Karkter
Disiplin, Nilai Karakter Kerja Keras, Nilai Karakter Kreatif, Nilai Karakter Mandiri, Nilai
Karakter Rasa Ingin Tahu, Nilai Karakter Menghargai Prestasi, Nilai Karakter
Bersahabat/Komunikatif, Nilai Karakter Cinta Damai, Nilai Karakter Peduli Sosial, dan
Nilai Karakter Tanggungjawab. Film animasi ini dapat dijadikan sebagai wahana
pendidikan karakter siswa SD dalam proses pembelajaran disekolah-sekolah. Pengajaran
nilai-nilai karakter melalui film dapat dilakukan dengan cara menampilkan film animasi
Kubo and the Two Strings pada salah satu pelajaran yang sesuai. Orangtua dapat
menggunakan film animasi Kubo and The Two String sebagai tontonan yang baik untuk
keluarga, dan dapat memberikan respont yang positif untuk anak.
Dari hasil penelitian ini saran yang dapat disampaikan adalah guru dapat
menjadikan film animasi Kubo and The Two Strings sebagai wahana dalam mengajarkan
pendidikan karakter, bagi sekolah diharapakan meningkatkan mutu pendidikan karakter
melalui film dan bagi orangtua agar selalu mendampingi serta memilih tayangan yang
layak untuk ditonton anak-anak usia SD.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 20 Nov 2024 02:22
Last Modified: 20 Nov 2024 02:22
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/8129

Actions (login required)

View Item
View Item