AZAHRA, ISMI (2020) PENERAPAN METODE MENCARI PASANGAN DALAM PEMBELAJARAN MENGANALISIS STRUKTUR TEKS BIOGRAFI PADA PESERTA DIDIK KELAS X SMK NUSA BHAKTI SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2018/2019. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.
ISMI AZAHRA.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
Abstract
Ismi Azahra NPM 15410041 “Penerapan Metode Mencari Pasangan Dalam Pembelajaran
Menganalisis Struktur Teks Biografi Pada Peserta Didik Kelas X Smk Nusa Bhakti Semarang
Tahun Pelajaran 2018/2019”. Skripsi. Fakultas Pendidikan Bahasa dan Seni. Universitas
PGRI Semarang. Pembimbing I Dr. Harjito, M. Hum. dan Dosen Pembimbing II Drs.
Murywantobroto, M. Hum.
Penelitian ini dilatarbelakangi adanya kebiasaan buruk peserta didik yang mengalami
kesulitan pada saat pendidik menyampaikan materi pembelajaran bahasa Indonesia terutama
mempelajari analisis struktur teks biografi. Melihat kondisi seperti itu perlu upaya penerapan
metode tertentu untuk membantu peserta didik dalam menganalisis struktur teks biografi pada
kelas X-Akutansi SMK Nusa Bhakti Semarang. Metode yang diterapkan adalah metode
pembelajaran mencari pasangan.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Bagaimana pengaruh penerapan metode
mencari pasangan dalam pembelajaran menganalisis struktur teks biografi dapat membantu
peserta didik kelas X SMK Nusa Bhakti Semarang dalam menganalisis struktur teks
biografi?” Adapun tujuan dari penelitian ini untuk membantu peserta didik melalui penerapan
metode mencari pasangan dalam pembelajaran menganalisis struktur teks biografi pada
peserta didik kelas X SMK Nusa Bhakti Semarang.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini dalah metode kualittif dengan pendekatan
deskriptif. Pendekatan deskriptif bertujuan untuk mendeskripsikan hasil penerapan metode
mencari pasangan dalam pembelajaran materi menganalisis struktur teks biografi berjalan
lancar karena adanya pembaharuan metode pembelajaran yang digunakan pada peserta didik
kelas X SMK Nusa Bhakti Semarang. Subjek penelitian ini yaitu Peserta didik kelas X
Akutansi. Teknik pengumpulan data yang digunakan dua bentuk teknik analisis data yaitu
bentuk tes seperti pretest lalu bentuk nontes seperti lembar hasil observasi, hasil angket
peserta didik, dan wawancara guru.
Berdasarkan hasil analisis data yang telah dilakukan dengan menerapkan metode
mencari pasangan, proses pembelajaran menganalisis struktur teks biografi berjalan dengan
lancar. Dengan metode mencari pasangan ini membantu peserta didik untuk memahami
materi menganalisis struktur teks biografi dan menciptakan suasana yang berbeda saat saling
bertukar pendapat. Meskipun hasilnya masih setara dengan nilai KKM. Hasil tes atau rata-rata
materi teks biografi dengan metode mencari pasangan mendapatkan hasil 75. Hasil observasi
dan analisis angket peserta didik terhadap metode mencari pasangan dapat menunjukan bahwa
pembelajaran tersebut menyenangkan, efektif dan tidak membosankan.
Pendidik sebaiknya menerapkan metode pembelajaran yang kreatif dan inovatif lainnya
sesuai dengan materi pembelajaran sangat diperlukan pendidik supaya peserta didik tidak
cepat merasa bosan serta jenuh.
Peserta didik dapat memberikan sedikit masukan kepada pendidik untuk merubah cara
menyampaikan materi supaya tidak mudah merasakan bosan dan jenuh.
Kata kunci: penerapan metode mencari pasangan, analisis struktur teks biografi
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Pendidikan Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 20 Nov 2024 02:18 |
Last Modified: | 20 Nov 2024 02:18 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/8124 |