IMPLEMENTASI FULL DAY SCHOOL SEBAGAI BEST PRACTICE PENDIDIKAN KARAKTER SISWA DI SMA N 10 SEMARANG

ISMATURROSIDAH, - (2020) IMPLEMENTASI FULL DAY SCHOOL SEBAGAI BEST PRACTICE PENDIDIKAN KARAKTER SISWA DI SMA N 10 SEMARANG. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of ISMATURROSIDAH.pdf] Text
ISMATURROSIDAH.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Ismaturrosidah, NPM 15220088 “Implementasi Full Day Scholl Sebagai Best
Practice Pendidikan Karakter Siswa di SMA N 10 Semarang”, Fakultas
Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial dan Keolahragaan, Universitas PGRI
Semarang, 2019.
Penelitian ini di latar belakangi penerapan regulasi tentang sekolah sehari
penuh yang nampaknya masih mengalami banyak kendala. Hal ini dibuktikan
dengan inkonsistensi penerapan regulasi dimana tidak semua sekolah
memberlakukan 5 hari kerja. Selain itu dampak dari penerapan aturan tersebut
belum banyak di kaji. Salah satu sekolah yang telah menerapkan 5 hari kerja
adalah SMA N 10 Semarang. Hal itu dibuktikan dengan penerapan program Lima
Hari dengan pelaksanaan sekolah sehari penuh terhitung mulai hari Senin sampai
hari Jumat setiap minggunya.
Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis
penelitian yang digunakan adalah deskriptif dimana data yang terkumpul
didasarkan pada data alamiah yang berupa kata-kata dalam mendeskripsikan objek
yang diteliti. Penelitian kualitatif ini dapat dipandang sebagai prosedur penelitian
yang menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis atau lisan dari orang-
orang dan perilaku yang dapat diamati.
Hasil penelitian dan kesimpulan menunjukan bahwa 1) Perencanaan
kebijakan full day school sebagai best practice pendidikan karakter peserta didik
terkait dengan pembentukan karakter terintegrasi pada seluruh kegiatan-kegiatan
di sekolah. Oleh sebab itu, Perencanaan tersebut dilakukan melalui a) kebijakan
pembentukan karakter santun dalam pribadi dan tangguh dalam prestasi, b)
rencana pelaksanaan pembelajaran dan kegiatan ekstrakulikuler, c) rencana sistem
evaluasi yang dilakukan setiap akhir semester. 2) Pelaksanaan kebijakan full day
school sebagai best practice pendidikan karakter siswa di SMA N 10 semarang
telah dilaksanakan secara terintegrasi melalui pembiasaan proses pembelajaran
dan kegiatan ekstrakulikuler dengan hasil cukup baik. 3) Evaluasi kebijakan full
day school sebagai best praktice pendidikan karakter dilakukan terhadap
pembiasaan proses pembelajaran dan kegiatan ekstrakulikuler. Evaluasi dilakukan
melalui penilaian akhir semester dan rapat evaluasi tahunan dengan hasil karakter
santun dalam pribadi dan tangguh dalam prestasi seluruh komponen cukup baik.4)
Tindak lanjut yang dilakukan oleh sekolah yaitu dengan melakukan monitoring
dan evaluasi terhadap karakter santun dalam pribadi dan tangguh dalam prestasi
dilakukan dengan baik melalui teguran dan pendampingan.
Kata kunci : Implementasi, Full Day School, Pendidikan Karakter

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial dan Keolahragaan > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 20 Nov 2024 02:16
Last Modified: 20 Nov 2024 02:16
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/8122

Actions (login required)

View Item
View Item